This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Marhadi, Yunus (2013) PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) BERKARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP BINA BANGSA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (68kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan tujuan pendidikan yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pemerintah dengan serius berusaha meningkatkan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Tujuan pendidikan nasional itu merupakan rumusan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu, rumusan tujuan pendidikan nasional menjadi dasar dalam pengembangan kurikulum yang terintegrasi nilai-nilai karakter.
Proses pengembangan nilai-nilai yang menjadi landasan dari karakter itu menghendaki suatu proses yang berkelanjutan, dilakukan melalui berbagai mata pelajaran yang ada dalam kurikulum (kewarganegaraan, sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, bahasa Indonesia, IPS, IPA, matematika, agama, pendidikan jasmani dan olahraga, seni, serta ketrampilan).
SMP Bina Bangsa adalah salah satu sekolah swasta di Surabaya. Sekolah yang beralamatkan di Jl. Siwalankerto Utara II Surabaya ini adalah salah satu sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang terintegrasi nilai-nilai karakter. Dalam perapan nilai-nilai karakter SMP Bina Bangsa berusaha semaksimal mungkin dapat dilaksanakan oleh warga sekolah dalam kehidupan sekolah dan kesehariannya.
Dalam penelitian skripsi ini dilakukan untuk mengkaji Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Berkarakter Dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Bina Bangsa Surabaya, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan terutama pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi pribadi berperilaku baik yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode intervew, observasi, dan documentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif non statistik dengan analisis deskriptif sebagai penyajian datanya.
Dari hasil analisis dibuktikan bahwa pelaksanaan KTSP Berkarakter sebagian besar berjalan dengan baik meskipun ada hambatan dan kekurangan. Dalam pelajaran PAI juga sudah terintegrasi nilai-nilai karakter. Hal ini ditunjukkan dengan adanya silabus dan RPP yang sudah mengandung nilai-nilai karakter.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Syaifuddin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum Pendidikan > Evaluasi Pendidikan > Kurikulum |
||||||
Keywords: | KTSP Berkarakter, Pendidikan Agama Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Oct 2013 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2015 02:08 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10360 |
Actions (login required)
View Item |