PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS IV DI MI ROUDLOTUL MUBTADIIN PARE KEDIRI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyafa', Ahmad Arif (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS IV DI MI ROUDLOTUL MUBTADIIN PARE KEDIRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang menjadi latar belakang dalam skripsi ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn, selain itu metode belajar yang tidak sesuai juga menjadi persoalan tersendiri dalam proses belajar mengajar. Dalam mengatasi masalah ini peneliti memilih model team assisted individualization untuk mengatasi masalah yang terjadi.
Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimanakah penerapan model team assisted individualization sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PKn pada siswa kelas IV di MI Roudlotul Mubtadiin pare Kediri. 2) Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model team assisted individualization pada pelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV di MI Roudlotul Mubtadiin pare Kediri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan team assisted individualization sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PKn pada siswa kelas IV di MI Roudlotul Mubtadiin pare Kediri. Serta Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model team assisted individualization pada pelajaran PKn dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV di MI Roudlotul Mubtadiin pare Kediri.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyeknya siswa kelas IV di MI Roudlotul Mubtadiin Pare Kediri yang berjumlah 23 siswa. adapun pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisa data secara kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah bahwa : adanya kemajuan atau meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model team assisted individualization. Adapun hasilnya adalah sebagai berikut : dari hasil pre tes nilai rata-rata siswa yang didapatkan sebesar 6.9, pada siklus I meningkat menjadi 7.2 kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar7.6 dan ketuntasan belajar siswa mencapai 95%. Selain itu dengan menerapkan metode belajar yang baru dan lebih inovatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. hal ini dapat diketahui dari antusiame siswa saat pelajaran pada siklus I dan siklus II.akan tetapi yang menjadi kendala dari penerapan model ini siswa belum terbiasa sehingga mengakibatkan siswa bingung untuk pada awal penerapan model belajar ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyafa', Ahmad ArifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Model Team Assisted Individualization; Prestasi Belajar;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10382

Actions (login required)

View Item View Item