UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE QUANTUM TEACHING PADA PELAJARAN PKN SISWA KELAS IV SD DARUL ULUM BUNGURASIH SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrulloh, Moh. Zainuddin (2013) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE QUANTUM TEACHING PADA PELAJARAN PKN SISWA KELAS IV SD DARUL ULUM BUNGURASIH SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Quantum Teaching sebagai upaya peningkatan prestasi belajar pada pembalajaran PKN pada siswa kelas IV di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan prestasi belajar melalui metode Quantum Teaching pada pembelajaran PKN pada siswa kelas IV di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo. 3) Untuk mengetahui hambatan apa sajakah yang di hadapi dalam penerapan metode Quantum Teaching sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran PKN di SD Darul Ulum Bungurasih Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 17 siswa di kelas IV SD Darul Ulum Bungurasih. Adapun tekhnik pengumpulan data yaitu menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan menggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat keberhasilan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode quantum teaching yaitu berdasarkan dari hasil tes yang dilakukan terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang semula nilai rata-rata dari pre test sebesar 6,55 pada siklus I ini meningkat menjadi 7,93 atau sekitar 4 persen. Sedangkan pada siklus II peningkatan prestasi belajar siswa yang semula nilai rata-rata pre test sebesar 6,55 pada siklus II ini meningkat menjadi 8,66 atau sekitar 35 persen. Hal ini menjelaskan dari 17 siswa menunjukkan bahwa 94 persen siswa berhasil meningkatkan prestasi belajar PKN dengan hasil belajar yang baik, walaupun selama penerapan masih mengalami beberapa hambatan, akan tetapi hal inI bukan berarti menafikan keberhasilan penerapan quantum teaching dalam pelajaran PKN pada siswa kelas IV di SD Darul Ulum Bungurasih karena dalam penerapan quantum teaching telah menunjukkan hasilnya yaitu kegairahan dan kesenangan siswa dalam belajar, suasana yang terlihat dinamis dan siswa menjadi aktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Evi Fatimatur Rusydiyah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrulloh, Moh. ZainuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode; Quantum Teaching; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 02 Apr 2015 05:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10575

Actions (login required)

View Item View Item