PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOAL CERITA HITUNGAN CAMPURAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TERJEMAHAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS 2B SDN SAWOTRATAP 1 SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfiana, Risalah (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOAL CERITA HITUNGAN CAMPURAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TERJEMAHAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS 2B SDN SAWOTRATAP 1 SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode penelitian campuran, dengan subjek penelitian yang terdiri dari 33 siswa 2B SDN Sawotratap 1 Sidoarjo Semester II Tahun Ajaran 2012-2013. Tindakan yang diberikan adalah pendekatan terjemahan soal cerita. Tindakan ini diberikan dalam dua siklus (siklus I dan siklus II). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes hasil belajar.
Tujuan utama penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan penerapan pendekatan terjemahan soal cerita dalam materi soal cerita hitungan campuran pada pelajaran matematika pada siswa kelas 2B SDN Sawotratap 1 Sidoarjo. 2) Memaparkan taraf peningkatan hasil belajar menggunakan pendekatan terjemahan soal cerita pada siswa kelas 2B SDN Sawotratap 1 Sidoarjo.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan pendekatan terjemahan soal cerita dilaksanakan dengan baik. 2) Ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan terjemahan soal cerita pada mata pelajaran matematika kelas 2B SDN Sawotratap 1 Sidoarjo. Hal ini dapat di ketahui dari setelah menggunakan pendekatan terjemahan soal cerita nilai rata-rata kelas siswa pada siklus I adalah 60,61, sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 79,09. Tingkat ketuntasan belajar (KKM) pada siklus I adalah 42,42 persen, sedangkan ketuntasan (KKM) pada siklus II adalah 84,85 persen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Zudan Rosyidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfiana, RisalahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil Belajar; Pendekatan Terjemahan Soal Cerita; Pelajaran Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 02 Apr 2015 05:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10587

Actions (login required)

View Item View Item