This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hadi, Hadi (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INTENSIF AL QURAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL QUR AN SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AL JIHAD SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah yang pertama tentang bagaimana pembelajaran intensif Al Qur an di pondok pesantren mahasiswa Al Jihad surabaya, kedua bagaimana kualitas bacaan Al Qur an santri baru di pondok pesantren mahasiswa Al Jihad surabaya, ketiga tentang bagaimana efektivitas pembelajaran intensif Al Qur an dalam meningkatkan kualitas bacaan Al Qur an santri baru di pondok pesantren mahasiswa Al Jihad Surabaya.
Untuk mengetahui permasalahan dan mendapatkan data yang jelas, disini penulis menggunakan metode observasi (pengamatan lapangan), interview atau wawancara, angket, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kulitatif.
Dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa pembelajaran intensif Al Qur an di pondok pesantren mahasiswa Al Jihad surabaya sudah terlaksana dengan baik. Ditinjau dari perangkat, kegiatan tersebut sudah lengkap degan kurikulum yang dikhususkan untuk intensif Al Qur an, yaitu mengacu pada kurikulum metode ummi dengan segala perangkat pembelajaran dan metodologinya. Ditinjau dari peroses pembelajaran, keberhasilan intensif Al Qur an ini tidak terlepas dari adanya beberapa faktor pendukung, seperti lingkungan yang agamis, minat dan kemampuan santri, serta profesionalisme guru dalam mengelola kelas dan menyampaikan materi sesuai dengan metodologi yang digunakan. Adanya beberapa faktor pendukung tersebut berpotensi dalam membangkitkan motivasi dalam diri santri untuk senantiasa menggali dan mengembangkan potensi yang mereka miliki melalui kegiatan intensif ini, sehingga santri baru yang secara umum berbekal minat dan bacaan Al Qur an yang masih jauh dari standarisasi bacaan yang berkualitas, menjadi meningkat setelah mengikuti kegiatan intensif Al Qur an tersebut, hal ini dibuktikan dengan kemampuan mereka dalam melampaui jilid-jilid sebelumnya menjadi lebih tinggi.
Peroses yang baik berdampak positif pada hasil yang baik pula, hal ini yang menjadi bukti bahwa pembelajara intensif Al Qur an yang dilaksanakan di pondok pesantren mahasiswa Al-Jihad surabaya termasuk dalam katagori efektif dalam meningkatkan kualitas bacaan Al Qur an santri baru.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Efektivitas, Pembelajaran Intensif Al Qur an, Kualitas Bacaan Al Qur an Santri Baru | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2013 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2015 02:10 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10628 |
Actions (login required)
View Item |