EFEKTIVITAS KEGIATAN KEPUTRIAN DALAM MEMBENTUK PRIBADI MUSLIMAH : STUDI KASUS DI SMP NEGERI SATU ATAP MERJOSARI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andriati, Lisa (2013) EFEKTIVITAS KEGIATAN KEPUTRIAN DALAM MEMBENTUK PRIBADI MUSLIMAH : STUDI KASUS DI SMP NEGERI SATU ATAP MERJOSARI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Wanita adalah manusia yang mempunyai kedudukan yang tinggi, agung dan terhormat, serta menjadi faktor penting yang aktif dalam mewarnai kehidupan masyarakat. Karena ia adalah pendidik masyarakat yang dari pengasuhannya akan lahir kaum pria dan semua generasi penerus bangsa. Demikian Islam memberikan kedudukan ini terhadap kaum wanita. Karena sebelum Islam, wanita tidak memiliki nilai yang patut disebut dan dibanggakan, yang ada hanyalah pelecehan dan penghinaan. Perkembangan zaman dan budaya yang ada, mau tidak mau berpengaruh pada kondisi muslimah saat ini, baik pola pikir yang tercermin dalam perilaku bahkan pengaruh pada pilihan ideologi hidupnya. Dari sinilah permasalahan penelitian dalam mengkaji efektivitas kegiatan keputrian dalam membentuk pribadi muslimah dimana objek penelitiannya di SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang.Dari sini kegiatan keputrian berperan penting sebagai pembentukan pribadi muslimah.
Atas latar belakang diatas, maka yang menjadi rumusan masalah adalah tentang (1) Bagaimana kegiatan keputrian di SMP Negeri Satu Atap Merjosari. (2) Bagaimana peran kegiatan keputrian dalam membentuk pribadi muslimah di SMP Negeri Satu Atap Merjosari. (3) Bagaimana efektivitas kegiatan keputrian dalam membentuk pribadi musimah di SMP Negeri Satu Atap Merjosari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dari lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kegiatan keputrian merupakan sarana berkumpulnya muslimah untuk menambah ilmu, keterampilan dan pemahaman mengenai kemusliman. Kajian-kajian yang ada di kegiatan keputrian antara lain keagamaan, tataboga, kesehatan wanita, kerajinan dan keterampilan. (2) perankegiatan keputrian dilihat dari segi keagamaan: menciptakan pribadi muslimah berilmu pengetahuan tinggi yang berlandaskan iman dan taqwa, Tataboga: Mendidik anak untuk belajar memasak, Kesehatan wanita: Menciptakan wanita yang sehat, baik sehat jasmani maupun rohani, Kerajinan dan keterampilan: Menciptakan pribadi muslimah yang kreatif. (3) Efektifitas yang diperoleh anak didik dalam kegiatan keputrian, baik dalam bidang keagamaan, tata boga, kesehatan wanita, kerajinan dan keterampilan yang telah menjadi program kegiatan di sekolah dirasakan cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari segi siswinya, dari sifatnya, akhlaknya, kemampuan dalam mengolah bahan atau membuat bahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andriati, LisaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Perilaku
Keywords: Kegiatan Keputrian; Pribadi Muslimah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 04 Apr 2015 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10644

Actions (login required)

View Item View Item