IMPLEMENTASI PEMANFAATAN MEDIA BLOG DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuaidah, Tu'nas (2013) IMPLEMENTASI PEMANFAATAN MEDIA BLOG DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babi.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babii.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiv.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babv.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftarpustaka.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi informasi sekarang ini, telah menyebabkan pengaruh pada pola komunikasi di masyarakat. Kemajuan media komunikasi memberi arti tersendiri bagi kegiatan pendidikan dan tuntutan terhadap pendidikan, yaitu agar pendidikan tidak lagi dikelola hanya dengan melalui pola tradisional melainkan kebijaksanaan untuk memanfaatkan media teknologi komunikasi dalam pembelajaran dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan media blog. Blog merupakan website pribadi yang pengelolaannya dapat dilakukan secara individu maupun kelompok, selain itu ciri lain blog adalah dapat di-update, berisi posting,dan bersifat dinamis. Meskipun mudah dioperasikan, namun pada kenyataannya tidak semua dosen dan mahasiswa bisa memanfaatkan media blog dalam proses pembelajaran. Sehingga dalam prosesnya masih banyak ditemukan dosen yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan mengarah pada teacher centered yang kadang dapat menimbulkan situasi belajar yang kurang efektif. Fenomena ini juga terjadi di IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Penelitian ini merupakan studi lapangan mengenai implementasi pemanfaatan media blog dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa jurusan pendidikan Agama Islam di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Dengan rumusan masalah: Bagaimana kemampuan dosen memanfaatkan media blog dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah di IAIN Sunan Ampel Surabaya? Dan Apa saja peran dan dampak dari pemanfaatan media blog dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah di IAIN Sunan Ampel Surabaya?
Penelitian lapangan ini bersifat deskriptif kualitatif, untuk mendapatkan data yang lengkap tentang kemampuan dosen memanfaatkan media blog serta peran dan dampak dari pemanfaatan media blog. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi, interview, dan studi dokumenter. Adapun proses analisis datanya adalah menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dan kemudian dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif dengan pola pikir deduktif induktif.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tidak semua dosen mampu aktif memanfaatkan media blog dalam proses pembelajaran, ada yang aktif dalam memanfaatkan media blog, ada yang kurang aktif dan ada juga yang tidak aktif dalam memanfaatkannya. Beberapa peran media blog dalam pembelajaran, antara lain: Media blog bisa berperan sebagai kelas pembelajaran online, lemari arsip (E-portofolio), perpustakaan pribadi, sumber belajar, Informator, media interaktif komunikatif, serta tempat pembelajaran kolaboratif antar pengguna blog. Sedangkan dampak positif dari pemanfaatan blog adalah blog memotivasi mahasiswa mencari informasi, mendorong mahasiswa untuk menciptakan informasi, mendorong mahasiswa untuk menjadi pembaca dan pemikir kritis. Sebaliknya dampak negatif dari pemanfaatan blog adalah kurangnya kontrol kualitas, copypaste hak cipta, kurangnya pendekatan dosen dan mahasiswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuaidah, Tu'nasUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Blog; Internet
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2014
Last Modified: 11 Jul 2019 00:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10826

Actions (login required)

View Item View Item