HUBUNGAN KEAKTIFAN BELAJAR BIDANG STUDI DENGAN KEBERHASILAN BELAJAR PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP RIJAN PACET MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mazidah, Fithrotul (2013) HUBUNGAN KEAKTIFAN BELAJAR BIDANG STUDI DENGAN KEBERHASILAN BELAJAR PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP RIJAN PACET MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Proses pendidikan dalam sistem sekolahan kita, umumnya belum seberapa menerapkan perhatian penuh terhadap proses pembelajaran yang mengacu pada keberhasilan belajar siswa secara keseluruhan, yaitu keberhasilan pada aspek kognitif, psikomotor, dan afektif siswa. Dan keberhasilan belajar siswa itu juga sangat dipengaruhi oleh strategi dalam pembelajarannya. Oleh karena itu bila berbicara tentang rendahnya daya serap atau prestasi belajar, maka salah satunya adalah karena belum terwujudnya ketrampilan pembelajaran siswa aktif. Masalah keberhasilan dalam belajar menyangkut masa depan siswa lebih-lebih bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar dan belum tahu untuk apa manfaat pembelajaran.
Strategi pembelajaran yang tepat yaitu keaktifan belajar adalah salah satu usaha dalam pendidikan yang bertujuan untuk memotivasi siswa mencapai penguasaan tujuan terhadap kompetensi khususnya bidang pendidikan agama islam disekolah adalah bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pengetahuan, penghayatan, dan pengalaman peserta didik sehingga menjadi manusia muslim yang bertaqwa, berbangsa dan bernegara.
Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang perlu dijawab, meliputi Bagaimana Keaktifan Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Smp Rijan Pacet Mojokerto, Bagaimana Keberhasilan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Rijan Pacet Mojokerto, Bagaimana Hubungan Keaktifan Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Keberhasilan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Rijan Pacet Mojokerto. Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakann penelitian kuantitatif, sehingga hasil yang diperoleh berupa angka dari hasil perhitungan. Untuk menganilis data tentang pelaksanaan Hubungan Keaktifan Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Keberhasilan Belajar Siswa, menggunakan rumus prosentase, sedangkan analisis terhadap Hubungan Keaktifan Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Keberhasilan Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Rijan Pacet Mojokerto, menggunakan rumus product momen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Nur Hamim
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mazidah, FithrotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Keaktifan Belajar; Keberhasilan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2014
Last Modified: 17 Apr 2015 05:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10860

Actions (login required)

View Item View Item