PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SHALAT FARDLU PADA SISWA KELAS II MI AL-MUJAHIDIN GUMALAR ADIWERNA TEGAL

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nimah, Zulfatun (2013) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SHALAT FARDLU PADA SISWA KELAS II MI AL-MUJAHIDIN GUMALAR ADIWERNA TEGAL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (575kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan perlunya untuk perubahan dalam peningkatan kegiatan proses belajar mengajar. Dalam kegiatan proses belajar mengajar ini ada beberapa faktor meyebabkan minat belajar siswa turun karena pembelajarannya kurang menarik bagi siswa, kurang termotivasinya siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa kesulitan dalam menerima materi yang disampaikan.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bagaimana Penggunaan media video dalam meningkatkan pemahaman shalat fardlu pada siswa kelas II MI Al-Mujahidin Gumalar Adiwerna Tegal?, (2) Apakah Media Video Dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa kelas II MI Al-Mujahidin Gumalar Adiwerna Tegal?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui penggunaan media video dalam meningkatkan pemahaman shalat fardlu pada siswa kelas II di MI Al-Mujahidin Gumalar Adiwerna Tegal (2). Untuk mengetahui media video dapat meningkatkan Pemahaman shalat fardlu pada siswa kelas II MI Al-Mujahidin Gumalar Adiwerna Tegal.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar pengamatan, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Untuk meningkatkan pemahaman shalat fardlu siswa kelas II mata pelajaran fiqih, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan penggunaan media video. Pada siklus I aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran masih ada beberapa kendala yang dihadapi. Dan pada siklus I sebagian siswa masih kesulitan dalam menerima materi yang disampaikan. Hal ini ditunjukkan dengan memberikan penjelasan kepada siswa tentang langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan media video. Dalam siklus II ini dari guru dan siswa sudah ada peningkatan yang lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 73,43% (siklus I) menjadi 96,88% (siklus II). Sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 73,5% (siklus I) menjadi 96,42% (siklus II). Adapun hasil tingkat pemahaman shalat fardlu berdasarkan pengamatan psikomotor siswa secara individu menunjukkan peningkatan dari nilai rata-rata dari 59,77 (siklus I) menjadi 77,5 (siklus II). Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu 55% menjadi 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan media video dapat meningkatkan pemahaman shalat fardlu mata pelajaran fiqih kelas II MI Al-Mujahidin Gumalar Adiwerna Tegal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali Mustofa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nimah, ZulfatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
?? Sf ??
Keywords: Media Video; Pemahaman Shalat Fardlu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 01 Apr 2015 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10922

Actions (login required)

View Item View Item