BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM MELALUI TEKNIK STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI KBTKIT AL USWAH 2 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahid, Mutiah Binti Mos (2013) BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM MELALUI TEKNIK STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI KBTKIT AL USWAH 2 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia dini melalui teknik storytelling di KBTKIT Al Uswah 2 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan di kelas TK B. Subyek penelitian ini adalah anak-anak KBTKIT Al Uswah 2 kelas TK B berjumlah 24 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni tahun pelajaran 2012-2013.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah research and development (R&D) yaitu terdiri dari kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak meningkat melalui teknik storytelling.Jadi hasil akhir dalam penghitungan paket ini pada emosi anak-anak terdapat perubahan sebelum dan selepas proses kaunseling, yaitu pada emosi senang sebelum yaitu 12 poin meningkat menjadi 19 poin, pada emosi senyum sebelum yaitu 14 meningkat menjadi 19 poin, pada emosi netral sebelum 15 menurun menjadi 14 poin, pada emosi menangis sebelum 15 menurun menjadi 10, pada emosi sedih sebelum 14 menurun menjadi 5, dan emosi marah sebelum 15 menurun menjadi 2 dan dikategorikan sangat efektif. Tingkat ketepatan peneliti telah mengadakan praktek Bimbingan dan Konseling Islam melalui teknik storytelling pada siswa telah diuji oleh tim guru dan hasilnya adalah 80%, maka paket yang di rancang memenuhi standart uji dengan kategori sangat tepat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Agus Santoso, S.Ag, M.Pd.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahid, Mutiah Binti MosUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Bimbingan Konseling
Keywords: bimbingan, konseling, teknik storytelling, keterampilan sosial anak, usia dini
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 08:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11108

Actions (login required)

View Item View Item