PENGARUH PEMBELAJARAN SUGGESTOPEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI MELUKIS SUDUT DI KELAS VII-A MTS. AL-MUSTHOFA CANGGU MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufida, Erna Shofia (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN SUGGESTOPEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI MELUKIS SUDUT DI KELAS VII-A MTS. AL-MUSTHOFA CANGGU MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ba 5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ba 6.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Metode yang kurang tepat dapat menyebabkan siswa merasa kesulitan untuk memahami materi yang diajarkan. Salah satu metode yang menawarkan pembelajaran aktif dan menciptakan lingkungan atau situasi belajar yang kondusif adalah Suggestopedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, 2) mendeskripsikan aktivitas siswa pada proses pembelajaran, 3) mengetahui adakah pengaruh metode Suggestopedia terhadap hasil belajar siswa pada sub materi melukis sudut kelas VII-A di MTs. Al-Musthofa Canggu Mojokerto.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitan ini dilakukan di kelas VII-A MTs Al-Musthofa Canggu Mojokerto. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Variabel penelitian terdiri atas pemberian Suggestopedia sebagai variabel bebas serta hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji pairet test.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh selama penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tergolong aktif dan baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran metode Suggestopedia dari tahap 1 sampai tahap 4 yang telah tersusun di dalam RPP, aktivitas siswa tergolong efektif dengan jumlah rata-rata prosentase siswa yang positif sebesar 91,66% dan jumlah rata-rata prosentase siswa yang negatif sebesar 8,34%......

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Maunah Setyawati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufida, Erna ShofiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Suggestopedia; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2014
Last Modified: 21 Apr 2015 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11242

Actions (login required)

View Item View Item