PENGGUNAAN METODE PERMAINAN KARTU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN RUNTUT RUKUN ISLAM SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM BANJARSARI JETIS MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahrini, Muftiyah (2014) PENGGUNAAN METODE PERMAINAN KARTU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN RUNTUT RUKUN ISLAM SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM BANJARSARI JETIS MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Tercapai dan tidaknya tujuan pembelajaran ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor guru yang sangat berperan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu secara tidak langsung seorang guru harus mempunyai cara atau metode mengajar yang baik dan mengena pada siswa yang sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang disampaikan. Adapun cara atau metode yang di gunakan adalah metode permainan kartu yang nantinya diharapkan dengan metode ini siswa kelas I (satu) akan mudah membaca dan mengurutkan Rukun Islam.
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah (1) ingin mengetahui proses pembelajaran Rukun Islam dengan menggunakan metode permainan kartu, (2) ingin mengetahui kemampuan membaca Rukun Islam dengan menggunakan metode permainan kartu. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, refleksi dan revisi. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas 1. Dalam metode permainan kartu ini menggunakan teknik analisis data deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyatan
atau fakta dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar yang di capai siswa dan juga untuk memperoleh respon siswa terhadap kegiatan serta aktifitas selama proses pembelajaran. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 (46,87%), siklus 2 (68,75%), siklus 3 (87,75%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, (1) metode permainan kartu sangat berpengaruh pada siswa kelas I karena dengan metode ini siswa kelas I dapat dengan mudah membaca dan mengurutkan Rukun Islam, (2) dengan metode permainan kartu siswa tidak akan merasa bosan dan jenuh dalam kegiatan pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Kusaeri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahrini, MuftiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Minat Baca
Keywords: Metode Permainan Kartu; Kemampuan Membaca; Rukun Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2015 07:19
Last Modified: 25 Feb 2015 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1146

Actions (login required)

View Item View Item