This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Diana, I’in Erika (2014) MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG NILAI-NILAI PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL HIKMAH NGARJO KEC. MOJOANYAR KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (78kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan diskusi kelompok dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang nilai-nilai pancasila. Metode diskusi kelompok adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Dalam pembelajaran ini siswa dalam kelas dikelompokkan, beranggotakan 4-6 siswa yang terdiri dari siswa yang pandai, sedang dan rendah. Disamping itu dipertimbangkan heterogenitas kriteria yang lain seperti jenis kelamin, latar belakang sosial, kesenangan dan sebagainya.
Pemasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah efektivitas penggunaan metode diskusi kolompok dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajara PKn.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian menggunakan siswa kelas IV MI Roudlotul Hikmah Ngarjo
Kec. Mojoanyar Kab. Mojokerto.
Dari data hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yang meningkat dari setiap siklusnya dapat diketahui bahwa prosentase ketuntasan hasil belajar 61,90 % pada siklus pertama menjadi 85,71 % pada siklus kedua. Peningkatan ini menandakan bahwa penelitian dapat dikatakan berhasil.Kesimpulan dari penelitian ini adalah Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Nilai-nilai Pancasila kelas IV MI Roudlotul Hikmah Ngarjo mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Kusaeri | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Diskusi; PKn; Hasil Belajar; Nilai-Nilai Pancasila | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2015 02:03 | ||||||
Last Modified: | 26 Feb 2015 02:03 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1149 |
Actions (login required)
View Item |