This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ilmawati, Iftitah (2014) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBIASAAN SHALAT FARDLU PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PRAJA MUKTI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (40kB) | Preview |
Abstract
Dalam dunia pendidikan, di Indonesia sering kali dilakukan perubahan
kurikulum. Berkaitan dengan perubahan kurikulum, berbagai pihak menganalisis dan
melihat perlu diterapkan kurikulum berbasis kompetensi sekaligus berbasis karakter
(competency and character based curriculum), yang dapat membekali peserta didik
dengan berbagai sikap dan kemampuan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan
zaman dan tuntutan teknologi. Hal tersebut penting, guna menjawab tantangan arus
globalisasi, berkontribusi pada pembangunan masyarakat dan kesejahteraan sosial,
lentur, serta adaptif terhadap berbagai perubahan. Kurikulum berbasis kompetensi
dan karakter diharapkan mampu memecahkan berbagai persoalan bangsa khususnya
dalam bidang pendidikan, dengan mempersiapkan peserta didik melalui perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi terhadap sistem pendidikan secara efektif, efisien, dan
berhasil guna. Oleh karena itu, merupakan langkah yang positif ketika pemerintah
(Mendikbud) merevitalisasi pendidikan karakter dalam seluruh jenis dan jenjang
pendidikan.
Penelitian ini memfokuskan kajian pada tiga rumusan masalah, yaitu:
(1).Bagaimana implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SMP
Praja Mukti Surabaya? (2). Bagaimana pembiasaan shalat fardlu peserta didik kelas
VII SMP Praja Mukti Surabaya? (3). Bagaimana implementasi Kurikulum 2013
dalam pembiasaan shalat fardlu peserta didik kelas VII SMP Praja Mukti Surabaya?
Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, interview, dokumentasi,
serta library research. Selanjutnya, penulis menggunakan analisis deskriptif
kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan data yang
ditemukan di lapangan sedemikian rupa, sehingga menggambarkan masalah yang
akan dibahas dalam penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi
Kurikulum 2013 yang diterapkan dalam pembiasaan shalat fardlu sangat bagus dan
cocok untuk membantu peserta didik melakukan ibadah shalat fardlu dalam
kehidupan sehari-hari. Setelah dilakukan evaluasi, dapat diambil kesimpulan bahwa
pelaksanaan ibadah shalat fardlu peserta didik dalam kehidupan sehari-hari
cenderung meningkat. Sehingga meningkatkan pula keimanan dan ketaqwaan mereka
kepada Allah SWT.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Syaiful Jazil | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum | ||||||
Keywords: | Implementasi; Kurikulum 2013; Pembiasaan shalat fardlu | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2015 09:18 | ||||||
Last Modified: | 27 Feb 2015 09:18 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1208 |
Actions (login required)
View Item |