This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kamali, Nurul (2016) Konsep pendidikan karakter pada kisah Nabi Ibrahim AS. dalam Al Qur’an. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
Bangsa Indonesia sangat memerlukan sumber daya manusia yang mempunyai kualitas karakter yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan. Untuk memenuhi sumber daya manusia tersebut, maka disini pendidikan memiliki peran yang sangat penting, baik pendidikan nasional maupun pendidikan islam sendiri untuk menggugah bangsa ini dan warga negaranya serta masyarakat sipil, pejabat negara, institusi sosial kemasyarakatan dan keagamaan untuk saling instropeksi diri. Pendidikan karakter dalam pendidikan islam bisa dikatakan sebagai pembentukan karakter sesuai dengan nilai-nilai Islam yang bersumber pada ajaran Islam yang universal (al-Qur’an dan Hadist). Di dalam Islam sendiri ada banyak sekali contoh yang dapat diteladani, salah satunya adalah Nabi Ibrahim, yang merupakan bapak para nabi. Allah telah mengutusnya untuk memperbaiki akhlak umat manusia. Beliau merupakan contoh teladan yang namanya selalu di sandingkan dengan Rasulullah saw. Dalam penelitian ini diguanakan penelitiankepustakaan (library research) dengan metode analisisisi (content analysis). Metodepengumpulan data dengancaradokumentasidilakukandalam penelitian ini, karena jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Kemudian data-data tersebut di analisis dan diuraian. Di dalam Al-Qur;an ada banyak sekali kisah beliau yang bisa dipelajari dan di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Diantara nilai-nilai yang bisa kita ambil dari kisah ini adalah religius, jujur, toleransi, demokratis, kerja keras, kreatif, komunikatif, peduli, dan tanggung jawab. Selain itu banyak keteladana yang bisa kita pelajari dari kisah ini. Proses penamankan nilai-nilai tersebut dapat dilakukan di keluarga, sekolah dan masyarakat, penanamannya dalam pendidikaan islam dapat dilakukan dengan peneladanan, pembiasaan, penegakan aturan, dan pemotivasian.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Akhlak Akhlak > Akhlak Mulia Cerita dalam Al Qur'an Cerita Nabi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Kamali Nurul Ummy Habibah | ||||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2016 04:56 | ||||||||
Last Modified: | 05 Dec 2019 04:05 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12339 |
Actions (login required)
View Item |