Bimbingan dan konseling Islam dengan strategi restrukturing kognitif untuk optimalisasi belajar seorang siswa kelas VIII di MTS Nurul Huda Sawo Dukun Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mayasari, Ami (2016) Bimbingan dan konseling Islam dengan strategi restrukturing kognitif untuk optimalisasi belajar seorang siswa kelas VIII di MTS Nurul Huda Sawo Dukun Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam masalah ini adalah (1) Bagaimana proses terapi Restrukturing Kognitif untuk optimalisasi belajar seorang siswa kelas VIII di MTS Nurul Huda Sawo Dukun Gresik?, (2) Bagaimana hasil akhir terapi Restrukturing Kognitif untuk optimalisasi belajar seorang siswa kelas VIII di MTS Nurul Huda Sawo Dukun Gresik ?.
Stratetgi Restructuring Kognitif adalah cara penerapan strategi yang menitikberatkan pada kasus konseli berupa cara berfikir yang negative dalam belajar, tidak tertarik pada mata pelajaran sekolah, terpaku sama kegiatan ekschool yang mengakibatkan dampak kurang baik pada konseli. Optimalisasi belajar adalah belajar yang dimana seseorang bisa nyaman dan menyenangkan sehingga informasi yang dipelajari dapat dengan mudah diserap oleh seseorang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis yang digunakan tersebut untuk mengetahui proses serta keberhasilan pelaksanaan bimbingan dan konseling islam dengan strategi restructuring kognitif untuk optimalisasi belajar seorang siswa kelas VIII di MTS Nurul Huda Sawo Dukun Gresik. Serta membandingkan keadaan konseli sebelum dan sesudah proses mendapatkan konseling melalui strategi tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini melalui dokumentasi hasil observasi dan wawancara dari konseli serta informan.
Adapun proses pelaksanaan bimbingan dan konseling islam dengan strategi restructuring kognitif untuk optimalisasi belajar seorang siswa kelas VIII di MTS Nurul Huda sawo Dukun Gresik yakni dengan langkah-langkah bimbingan konseling islam yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/terapi dan evaluasi/follow up.
Berdasarkan hasil analisis, terdapat pengaruh yang positif dalam penggunaan strategi Restrukturing Kognitif untuk optimalisasi belajar seorang siswa kelas VIII di MTS Nurul Huda Sawo Dukun Gresik. Setelah mendapatkan terapi konseli menunjukkan tanda ada sedikit perubahan meskipun belum maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mayasari, Amimayasari_ami@yahoo.co.idB03212029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, Agusags_hana@yahoo.co.id2025087001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Strategi Restructuring Kognitive; dan Optimalisasi Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mayasari Ami
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:09
Last Modified: 09 Dec 2019 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12770

Actions (login required)

View Item View Item