Terapi cognitif development terhadap motivasi belajar pada klien yang kurang kasih sayang orangtua di uptd kampung anak Negeri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ali, Muhammmad Mahfudz (2016) Terapi cognitif development terhadap motivasi belajar pada klien yang kurang kasih sayang orangtua di uptd kampung anak Negeri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana proses terapi Cognitif Development terhadap motivasi belajar pada klien yang kurang kasih sayang orangtua di UPTD kampung anak negeri Surabaya. 2) Bagaimana hasil akhir terapi Cognitif Development terhadap motivasi belajar pada klien yang kurang kasih sayang orangtua di UPTD kampung anak negeri Surabaya. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriftif komparatif. Sedangkan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, analisa dilakukan untuk mengetahui proses serta hasil dengan membandingkan terapi Cognitif Development antara teori dan lapangan serta membandingkan kondisi klien sebelum dan sesudah mendapatkan konseling dalam menganalisa.
Pelaksanaan terapi Cognitif Development terhadap motivasi belajar pada klien yang kurang kasih sayang orangtua di UPTD kampung anak negeri Surabaya dilakukan oleh konselor dengan cara menerapkan langkah-langkah sebagai berikut: pertama identifikasi masalah, kedua diagnosis, ketiga prognosis, konselor merumuskan 2 langkah yaitu skema dan adaptasi keempat terapi konselor dengan skema memperhatikan klien melihat keadaan yang sekarang dialaminya, adaptasi, konselor membuat klien merasa lebih nyaman tinggal di UPTD, bersama teman-temannya dan kelima evaluasi atau follow up agar klien tetep belajar setelah tidak ada keberadaan konselor. Proses terapi Cognitif Development terhadap motivasi belajar pada klien yang kurang kasih sayang orangtua di UPTD kampung anak negeri Surabaya dapat dikatakan cukup berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perubahan pada diri klien dan dengan melihat skala penilaian dan wawancara dengan klien, ibu klien, guru wali kelas klien dan salah satu teman dekat klien. Hasil akhir dari proses konseling dalam penelitian ini cukup berhasil dengan prosentase 66%, yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan perilaku pada sikap dan perilaku konseli yang awalnya suka murung dan tidak mau belajar dan akhirnya rajin belajar pada waktu jam siang waktu belajar di UPTD.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ali, Muhammmad MahfudzMahfudz.ali70@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl-Hana, Rudyrudialhana@yahoo.co.id2009036802
Subjects: Motivasi Belajar
Psikologi Belajar
Keywords: Terapi cognitif; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ali Muhammad Mahfudz
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:38
Last Modified: 07 Nov 2019 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13131

Actions (login required)

View Item View Item