Program sembako murah dalam meningkatkan loyalitas Anggota KJKS BMT Amanah Ummah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bagaskoro, Erwin (2016) Program sembako murah dalam meningkatkan loyalitas Anggota KJKS BMT Amanah Ummah Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Program Sembako Murah dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota KJKS BMT Amanah Ummah Surabaya” merupakan hasil penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data dari wawancara terstruktur kepada anggota dan laporan internal berupa data yang menunjukkan perubahan jumlah anggota dan outstanding simpanan serta pembiayaan untuk menjawab rumusan masalah tentang bagaimana aplikasi program sembako murah di KJKS BMT Amanah Ummah dan bagaimana peran program sembako murah dalam meningkatkan loyalitas anggota. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara terstruktur kepada anggota selaku partisipan, mengumpulkan data dokumentatif melalui laporan internal yang berhubungan dengan program sembako murah, serta wawancara langsung kepada manager kantor Karah. Wawancara kepada manager dilakukan demi mendapatkan informasi mendalam terkait aplikasi program sembako murah, sedangkan wawancara kepada anggota bertujuan mendapatkan data atas tingkat loyalitas para anggota untuk kemudian diberikan penilaian. Laporan internal KJKS BMT Amanah Ummah menjadi data acuan perubahan nilai transaksi atas pengaruh pelaksanaan program sembako murah. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang telah diolah, pada akhirnya didapatkan kesimpulan bahwa program sembako murah merupakan bagian dari strategi pemasaran yang dilakukan KJKS BMT Amanah Ummah Surabaya. Program sembako murah terbukti memiliki peran dalam membantu meningkatkan kualitas loyalitas anggota. Berdasarkan laporan outstanding simpanan dan pembiayaan serta laporan jumlah anggota menunjukkan pertumbuhan positif, khususnya pada tahun-tahun awal diadakannya program sembako murah sebagaimana peningkatan tertinggi pada outstanding simpanan pada tahun 2007 sebesar 67,1%; pembiayaan pada tahun 2008 sebesar 70,6%; dan jumlah anggota pada tahun 2008 sebesar 28%. Berdasarkan survey, ditemukan 2 jenis loyalitas, yakni menurut pandangan aliran stokastik atau perspektif behavioral dan loyalitas menurut keterikatan. Menurut pandangan aliran stokastik atau perspektif behavioral, didapatkan 35% responden dikategorikan divided loyalty, dan 65% lainnya undivided loyalty. Sedangkan dengan kaitannya terhadap keterikatan, didapatkan 55% termasuk loyalitas kuat, 20% termasuk loyal, 20% termasuk loyalitas multiproduk, dan 5% termasuk loyalitas lemah. Diharapkan bagi KJKS BMT Amanah Ummah tetap menjaga kualitas program sembako murah, mengingat banyak elemen penting yang dibutuhkan dalam program sembako murah yang memiliki kemungkinan menurunkan potensi dalam mempertahankan dan meningkatkan loyalitas anggota, dan juga dalam menarik anggota baru, agar seiring pelaksanaannya di masa yang akan datang mampu senantiasa merangsang tingkat loyalitas anggota agar kian bertumbuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bagaskoro, Erwinerwinbagaskoro@gmail.com-
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisor-, ---
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Pemasaran
Promosi
Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Bagaskoro Erwin
Date Deposited: 09 Sep 2016 07:21
Last Modified: 08 Nov 2019 06:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13877

Actions (login required)

View Item View Item