PENINGKATAN PEMAHAMAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI KEJADIAN LUAR BIASA YANG MENGIRINGI LAHIRNYA NABI MUHAMMAD SAW. MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA KELAS III MI AL MUHTADI SENDANGAGUNG PACIRAN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'idah, Hidayatus (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI KEJADIAN LUAR BIASA YANG MENGIRINGI LAHIRNYA NABI MUHAMMAD SAW. MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA KELAS III MI AL MUHTADI SENDANGAGUNG PACIRAN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa-siswi kelas III dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada materi Kejadian Luar Biasa Yang Mengiringi Lahirnya Nabi Muhammad SAW. di MI Al-Muhtadi Sendangagung Paciran Lamongan, karena masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menjelaskan alasan Abrahah ingin menghancurkan Ka’bah secara sederhana dan menceritakan rencana penyerangan pasukan bergajah terhadap ka’bah secara sederhana secara runtut dan tepat. Maka perlu diterapkan media yang dapat meningkatkan pemahaman Sejarah Kebudayaan Islam materi kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya nabi Muhammad SAW. salah satunya dengan menggunakan media komik. Rumusan penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan media komik pada mata pelajaran SKI materi kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya nabi Muhammad SAW. di kelas III MI Al-Muhtadi Sendangagung Paciran Lamongan, (2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI materi kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya nabi Muhammad SAW. di kelas III MI Al-Muhtadi Sendangagung Paciran Lamongan setelah diterapkan media komik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui penerapan media komik pada mata pelajaran SKI materi kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya nabi Muhammad SAW. di kelas III MI Al-Muhtadi Sendangagung Paciran Lamongan, (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI materi kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya nabi Muhammad SAW. di kelas III MI Al-Muhtadi Sendangagung Paciran Lamongan setelah diterapkan media komik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media komik berjalan dengan efektif melalui perbaikan-perbaikan pada setiap siklus. Peningkatan dalam PBM dapat dilihat aktivitas guru pada siklus I 64% yang artinya masih dalam kategori cukup menjadi 92% atau sangat baik pada siklus II dan aktivitas siswa masuk dalam kategori cukup mencapai 58,3% pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 92% yang artinya sangat baik.(2) Peningkatan pemahaman siswa meningkat dari rata-rata nilai perolehan siswa pada siklus I 76,3 menjadi 83,55 di siklus II. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa dari siklus I 68% yang artinya cukup dan untuk siklus II ketuntasan belajar siswa menjadi baik yaitu 84%. Demikian hasil penelitian di kelas III MI Al-Muhtadi Sendangagung Paciran Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'idah, Hidayatusdyera.ida@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Cerita Nabi
Kebudayaan
Nabi dan Rasul
Nabi Muhammad
Pendidikan Islam
Pendidikan > Media
Sejarah
Keywords: Pemahaman; Sejarah Kebudayaan Islam; Media Komik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SA'IDAH HIDAYATUS
Date Deposited: 06 Sep 2016 07:49
Last Modified: 06 Sep 2016 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13926

Actions (login required)

View Item View Item