UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS 2 MI AL HUSNA TEPEN BARU MANYAR GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathimah, Siti (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS 2 MI AL HUSNA TEPEN BARU MANYAR GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok, mata pelajaran wajib yang ada di setiap jenjang pendidikan dasar dan menengah. Matematika juga menjadi salah satu dari tiga mata pelajaran yang mulai tahun ajaran 2014/2015 di masukkan dalam UASBN. Namun kenyataannya sampai sekarang masih ada siswa yang kurang berminat terhadap Matematika dan hasil belajar Matematikapun belum menunjukkan hasil yang optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Realia dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada operasi hitung perkalian. Metode pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan bentuk kolaboratif yang melibatkan peneliti yang juga sebagai kepala sekolah, dan teman sejawat (guru).
Penelitian ini dilaksanakan di kelas II MI Al Husna Tepen Baru Sukomulyo kecamatan Manyar Kabupaten Gresik pada tahun pelajaran 2014-2015 dengan jumlah siswa 20 anak. Fokus penelitian ini adalah hasil belajar matematika pada operasi hitung perkalian dan efektivitas penggunaan media realia. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan dua siklus. Masing–masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan,observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, hal ini dibuktikan dengan hasil yang di peroleh pada siklus I dan siklus II dengan SK/KD sama indikator berbeda dalam kategori amat baik, yaitu dari 20% menjadi 85% siswa yang telah tuntas mencapai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditentukan lembaga yaitu nilai 7,00. Dengan melihat hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu menjawab tujuan penelitian yaitu penggunaan media relia dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada mata pelajaran matematika materi perkalian siswa kelas 2 MI Al Husna Tepen Baru Sukomulyo kecamatan Manyar Kabupaten Gresik tahun peljaran 2014-2015. Data–data lain yang berhubungan dengan penelitian dan hasil kerja siswa sebagaimana dalam lampiran.
Akhirnya peneliti menyarankan kepada seluruh guru untuk kreatif dalam menyajikan pembelajaran terutama dalam menggunakan alat peraga dan media yang menarik serta bervariasi sehingga dapat membawa siswa dalam proses pembelajaran yang menyenangkan dan batas tuntas hasil belajar siswa dapat tercapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M.Mustofa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathimah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Media Realia; Hasil Belajar; Matematika Materi Perkalian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2015 02:12
Last Modified: 16 Mar 2015 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1402

Actions (login required)

View Item View Item