Implementasi pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Motivasi Beragama : Studi Multi Kasus di Sman 16 Surabaya dan SMAN 21 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dainuri, Dainuri (2016) Implementasi pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Motivasi Beragama : Studi Multi Kasus di Sman 16 Surabaya dan SMAN 21 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan menjadi kunci utama dalam pembentukan sikap beragama anak. pertambahan usia anak memiliki konsekuensi pada perubahan proses pendidikan yang mereka terima, oleh sebab itu, dengan bertambahnya usia anak dan berubahnya perilaku mereka maka harus disertai pendidikan yang tepat sehingga memiliki sikap dan tingkah laku serta budi pekerti yang luhur yang nantinya akan membuat anak menjadi orang dewasa yang hidup menjalankan ajaran agama. peranan guru Pendidkan Agama Islam sangatlah besar pengaruhnya dalam perkembangan jiwa keagamaan siswa, termasuk di dalamnya bagaimana guru memberikan perhatian kepada anak-anak dalam mendidik, mengajar dan mengevaluasi baik dalam menyampaikan materi di kelas atau di lua kelas ataupun dalam menjalankan aktivitas sehari-hari siswa di sekolah. Berangkat dari latar belakang masalah tersebut, maka peneliti mengambil permasalah tentang Bagaimana implementasi pembelajaran kontekstual mata pelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi beragama di SMAN 16 Surabaya dan SMAN 21 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Sedangkan lokasi penelitian ini peneliti mengambil di dua tempat yang berbeda, yang pertama di SMAN 16 Surabaya dan yang kedua di SMAN 21 Surabaya. Adapun metode mpengumpulan datanya adalah: observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif. Adapun langkah-langkah dalam teknik analisis data meliputi, analisis data situs tunggal dan analisis data lintas situs. Hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi beragama melalui pendekatan kontekstual di SMAN 16 Surabaya dan SMAN 21 Surabaya yakni dilakukan secara bertahap, guru menyampaikan materi dengan pendekatan kontekstual di dalam kelas ketika pembelajaran sedang berlangsung, dalam penelitian ini guru memotivasi siswa dari segi keagamaanya. implementasi pembelajaran kontekstual pada mata pelajarana pendidikan agama islam di SMAN 16 Surabaya dan SMAN 21 Surabaya berjalan sesuai dengan harapan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dainuri, Dainuridainurias@yahoo.comF03214013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisormaksum, aliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Kontekstual; Pelajaran PAI; Motivasi Beragama
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2016 01:35
Last Modified: 11 Nov 2019 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14091

Actions (login required)

View Item View Item