Perjuangan Muhammadiyah untuk kebangkitan Islam di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subkhi, Subkhi (1993) Perjuangan Muhammadiyah untuk kebangkitan Islam di Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Gerakan Muhammadiyah dan perjuangannya mempunyai gagasan atau suatu tujuan untuk menyebarkan agama Islam dan memeperbaharui tentang pola pikir dan cara hidup umat Islam modern, yang akhirnya berpengaruh sehingga dapat membangkitkan semangat berjuang umat Islam di Indonesia. Oleh karena itu pola pikir dan cara hidup umat Islam yang telah diperbaharui itulah yang disebut dengan kebangkitan Umat Islam atau modernis Islam. Perjuangan Muhammadiyah untuk Kebangkitan Islam di Indonesia mempunyai argumentasi antara lain; bahwa organisasi Muhammadiyah merupakan organisasi keagamaan yang berkembang pesat di Indonesia, selain itu organisasi itu banyak mewarnai perjalanan sejarah perkembangan dunia Islam Internasional, sangat besar jasa-jasanya terhadap pembangunan Indonesia terutama di bidang Sosial, Pendidikan dan Keagamaan. Rumusan masalah dalam pembahasan ini adalah; 1). Bagaimana sejarah berdirinya, pokok-poko pemikiran Muhammadiyah dan perjuangannya. 2). Apakah peranan Muhammadiyah terhadap kebangkitan Islam di Indonesia baik di Sumatera, Jawa dan di luar Sumatera dan di luar Jawa. 3). Apa sebab Muhammadiyah ikut memperjuangkan perikehidupan umat Islam yang lebih baik untuk di masa dating. 4). Mengapa di kalangan kaum Muslimin banyak yang belum memahami tentang aqidah Islam yang benar dan masih menyelewengkan aqidahnya, padahal di pusat-pusat pengajaran Islam maju dan pesatnya. Metode penyusunan dalam pembahasan ini menggunakan studi kepustakaan (literatur), selanjutnya dianalisa dengan menggunakan Metode Induktif, Metode Deduktif dan Metode Komparatif. Adapun kesimpulan dalam pembahasan ini adalah; 1). Muhammadiyah adalah merupakan salah satu organisasi sosial keagamaan dalam kebangkitan Islam di Indonesia, dan terutama dalam kelompok gerakan pembaharuan yang berusaha mengembalikan ajaran Islam kepada sumber aslinya yakni Al-Qur’an dan As Sunnah. 2). Organisasi Muhammadiyah didirikan oleh KH. A. Dahlan pada tanggal 18 Nopember 1912 M di Yogyakarta yang bergerak lebih banyak di bidang Pendidikan dan Sosial Keagamaan. 3). Di dalam perjuangannya Muhammadiyah mempunyai peranan penting untuk menggerakkan gerakannya terutama dalam bidang Pendidikan. 4). Dengan adanya organisasi Muhammadiyah, bisa terjalin dan bergabung baik antara pelajran umum di madrasah dan pendidikan agama dimasukkan ke sekolah umum. 5). Muhammadiyah memperbanyak kelakukan dakwah dan pengajian-pengajian yang berisi faham baru dalam Islam, yang juga menitik beratkan pada amaliyah. 6). Gerakan Muhammadiyah merupakan suatu gerakan Islam yang mempunyai tugas dakwah dan amar ma’ruf Nahi Mungkar dalam kemasyarakatannya. Usaha yang dilakukan di bidang kemasyarakatan ini antara lain; mendirikan Rumah Sakit, Perpustakaan Umum, Panti Asuhan dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subkhi, Subkhi--785
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMughni, Syafiq A.mughni54@yahoo.com2015065401
Subjects: Muhammadiyah
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Muhammadiyah; Kebangkitan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2016 07:24
Last Modified: 05 Mar 2020 08:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14258

Actions (login required)

View Item View Item