This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Jannah, Romzatul (2014) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOME ROOM TERHADAP PENINGKATAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BAITUSSALAM KETINTANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasari oleh hasil observasi tentang catatan guru BK sebagai kolaborator peneliti, bahwa pada kelas VII SMP Baitussalam Ketintang Surabaya di temukan beberapa siswa yang penyesuaian diri nya rendah, diantaranya beberapa siswa tersebut suka rame waktu jam pelajaran, berkelompok (geng-gengan), dan mengeluarkan kata-kata kasar yang menyebabkan mereka selalu mendapat masalah baik dengan teman sebaya maupun guru. Penyesuaian diri pada dasarnya sangatdiperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghadapi situasi dimanapun dan kapanpun. Untuk meningkatkan penyesuaian diri pada siswa salah satunya melalui penggunaan teknik home room dalam layanan bimbingan kelompok.
Di dalam skripsi ini ada tiga rumusan masalah yang hendak di kaji, yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik home room kelas VII SMP Baitussalam Surabaya (2) Bagaimana penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP Baitussalam Surabaya, (3) Sejauh mana pengaruh bimbingan kelompok dengan tehnik home room terhadap peningkatan penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP Baitussalam Surabaya.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif.
Bimbingan kelompok teknik home room di penyesuaian diri siswa di SMP Baitussalam Ketintang madya Surabaya memiliki kriteria yang baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data presentase yang menunjukkan 87%. Dan juga melalui hasil analisis angket yang menunjukkan bahwasannya bimbingan kelompok teknik home room tergolong baik.
Penyesuaian diri siswa VII di SMP Baitussalam Ketintang Madya Surabaya termasuk dalam kategori baik. Hal ini terbukti dari hasil analisis data presentase yang menunjukkan 90%. Dan juga melalui hasil analisis angket yang menunjukkan bahwasannya penyesuaian diri siswa tergolong baik.
Pengaruhnya tergolong tinggi antara pengaruh bimbingan kelompok teknik home room terhadap penyesuaian diri siswa kolas VII di SMP Baitussalam Ketintang Madya Surabaya. Dapat terbukti dari hasil analisis data dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang menghasilkan 0,81 yang berarti korelasi antara pengaruh bimbingan kelompok teknik home room terhadap penyesuaian diri siswa kolas VII di SMP Baitussalam Ketintang Madya Surabaya termasuk kategori tinggi
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Imam Bawani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling | ||||||
Keywords: | Teknik Home Room; Layanan Bimbingan Kelompok; Penyesuaian diri | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2015 07:27 | ||||||
Last Modified: | 18 Mar 2015 07:27 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1436 |
Actions (login required)
View Item |