PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOME ROOM TERHADAP PENINGKATAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BAITUSSALAM KETINTANG SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Romzatul (2014) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOME ROOM TERHADAP PENINGKATAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BAITUSSALAM KETINTANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh hasil observasi tentang catatan guru BK sebagai kolaborator peneliti, bahwa pada kelas VII SMP Baitussalam Ketintang Surabaya di temukan beberapa siswa yang penyesuaian diri nya rendah, diantaranya beberapa siswa tersebut suka rame waktu jam pelajaran, berkelompok (geng-gengan), dan mengeluarkan kata-kata kasar yang menyebabkan mereka selalu mendapat masalah baik dengan teman sebaya maupun guru. Penyesuaian diri pada dasarnya sangatdiperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghadapi situasi dimanapun dan kapanpun. Untuk meningkatkan penyesuaian diri pada siswa salah satunya melalui penggunaan teknik home room dalam layanan bimbingan kelompok.
Di dalam skripsi ini ada tiga rumusan masalah yang hendak di kaji, yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik home room kelas VII SMP Baitussalam Surabaya (2) Bagaimana penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP Baitussalam Surabaya, (3) Sejauh mana pengaruh bimbingan kelompok dengan tehnik home room terhadap peningkatan penyesuaian diri siswa kelas VII di SMP Baitussalam Surabaya.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif.
Bimbingan kelompok teknik home room di penyesuaian diri siswa di SMP Baitussalam Ketintang madya Surabaya memiliki kriteria yang baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data presentase yang menunjukkan 87%. Dan juga melalui hasil analisis angket yang menunjukkan bahwasannya bimbingan kelompok teknik home room tergolong baik.
Penyesuaian diri siswa VII di SMP Baitussalam Ketintang Madya Surabaya termasuk dalam kategori baik. Hal ini terbukti dari hasil analisis data presentase yang menunjukkan 90%. Dan juga melalui hasil analisis angket yang menunjukkan bahwasannya penyesuaian diri siswa tergolong baik.
Pengaruhnya tergolong tinggi antara pengaruh bimbingan kelompok teknik home room terhadap penyesuaian diri siswa kolas VII di SMP Baitussalam Ketintang Madya Surabaya. Dapat terbukti dari hasil analisis data dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang menghasilkan 0,81 yang berarti korelasi antara pengaruh bimbingan kelompok teknik home room terhadap penyesuaian diri siswa kolas VII di SMP Baitussalam Ketintang Madya Surabaya termasuk kategori tinggi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Imam Bawani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, RomzatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Teknik Home Room; Layanan Bimbingan Kelompok; Penyesuaian diri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2015 07:27
Last Modified: 18 Mar 2015 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1436

Actions (login required)

View Item View Item