This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mawasti, Wahanani (2016) Usaha penyadaran berzakat dan penumbuhan kepercayaan masyarakat Muslim kelas menengah terhadap Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
This is the latest version of this item.
|
Text
Cover.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (694kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (649kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
||
|
Text
Bab 7.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (423kB) | Preview |
Abstract
Potensi dana zakat, infaq dan shadaqah di Indonesia sangat besar, hal tersebut didorong oleh pertumbuhan jumlah masyarakat muslim kelas menengah di Indonesia. Meskipun potensi dana zakat di Indonesia sangat besar, tetapi masih terdapat beberapa masalah berzakat, yaitu terkait rendahnya kesadaran berzakat dan kepercayaan masyarakat dalam menyalurkan zakat secara profesional. LAZIS Muhammadiyah Surabaya adalah salah satu lembaga amil zakat yang berperan dalam mengedukasi dan mengelola zakat di Indonesia agar lebih optimal. LAZIS Muhammadiyah Surabaya melaksanakan usaha penyadaran berzakat dan penumbuhan kepercayaan masyarakat muslim kelas menengah, salah satunya melalui media sosial. Studi ini bertujuan menjelaskan upaya – upaya apa saja yang dilakukan oleh LAZIS Muhammadiyah Surabaya dalam mengkonstruksi media sosial sebagai media penyadaran berzakat dan penumbuhan kepercayaan masyarakat muslim menengah. Teori yang digunakan dalam penelitan ini adalah teori komunikasi pemasaran terpadu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam dan dokumentasi.Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa ada beberapa pertimbangan LAZIS Muhammadiyah dalam memilih media sosial sebagai media penyadaran berzakat, antara lain : 1. mempertimbangkan karakteristik audiens sasaran penyadaran berzakat yang tergolong muslim kelas menengah muslim, 2. adanya perkembangan teknologi informasi yang memungkinkan untuk menyadarkan berzakat dengan efektif dan efisien, 3. ketersedian sumber daya manusia di LAZIS Muhammadiyah Surabaya yang sejalan dengan kebutuhan perubahan teknologi penyadaran berzakat. Dalam hal mengkonstruksi media sosial sebagai media penyadaran berzakat dan penumbuhan kepercayaan masyarakat, LAZIS Muhammadiyah Surabaya menggunakan perencanaan komunikasi yang sesuai dengan teori komunikasi pemasaran terpadu.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Penyiaran Islam Promosi Zakat |
||||||||
Keywords: | Kelas Menengah Muslim; Media Sosial; Teori Komunikasi; Pemasaran Terpadu; LAZIS Muhammadiyah Surabaya | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Mawasti Wahanani | ||||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2016 04:30 | ||||||||
Last Modified: | 09 Dec 2019 08:32 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14425 |
Available Versions of this Item
- Usaha penyadaran berzakat dan penumbuhan kepercayaan masyarakat Muslim kelas menengah terhadap Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah Surabaya. (deposited 28 Nov 2016 04:30) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |