This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Djazuli, Muhammad Dzikruddin (2017) فعالية تطبيق الطريقة PQ4R لترقية مهارة القراءة لطلاب الصف الثامن بمدرسة المنصور المتوسطة جاندي سيدوارجو - Efektifitas penerapan metode PQ4R dalam meningkatkan ketrampilan membaca pada peserta didik Kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muhammad Dzikruddin Djazuli_D72212075 ok.pdf Download (7MB) |
Abstract
Bahasa arab sebagai bahasa kedua merupakan bahasa yang dicukup sulit dipelajari menurut sebagian besar orang, sehingga untuk mempelajarinya dibutuhkan adanya suat metode yang sesuai dengan obyeknya. Sebagaimana secara umum terbagi menjadi empat ketrampilan ; ketrampilan mendengar, ketrampilan berbicara, ketrampilan membaca, dan ketrampilan menulis. Tidak heran bila berbagai macam problem datang bermunculan dalam mempelajari bahasa Arab, baik dari istima’, kalam, qira’ah, dan kitabah, bahkan metode yang salahpun bisa menjadi problem dalam mempelajari bahasa arab. salah satu menyelesaikan problem ini adalah dengan metode. Metode mampu untuk memberikan proses pembelajaran dan fasilitas kegiatan pembelajaran yang lebih menarik seperti Metode PQ4R. Metode ini bisa digunakan untuk proses pembelajaran Bahasa Arab yang lebih kreatif dan sebagai alat evaluasi pembelajaran Bahasa Arab yang lebih efesien. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui Efektifitas Penerapan Metode PQ4R dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kecakapan peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo dalam ketrampilan membaca, 2) Bagaimana penerapan Metode PQ4R dalam meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo, 3) Bagaimana efektifitas penerapan Metode PQ4R dalam meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk mengetahui efektifitas penerapan Metode PQ4R dalam meningkatkan ketrampilan membaca adalah menggunakan rumus paired simple test dan untuk memperoleh sampel dengan menggunakan teknik sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode PQ4R terbukti efektif, hal ini bisa dilihat dari dari analisis yang dilakukan peneliti menujukkan bahwa Thitung (9.309) > Ttabel (2.045) dengan tingkat signifikansi (2-Tailed) 0.000 < 0,005. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya penerapan Metode PQ4R efektif dalam meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bahasa Arab | ||||||||
Keywords: | Metode PQ4R; kemampuan membaca | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Djazuli Muhammad Dzikruddin | ||||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2017 08:18 | ||||||||
Last Modified: | 27 Nov 2023 08:49 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15550 |
Actions (login required)
View Item |