PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF Q.S LUQMAN AYAT 12-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jalilah, Nur Indah (2017) PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF Q.S LUQMAN AYAT 12-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Di zaman modern ini masih sering kita jumpai tindakan amoral dan jauh dari nilai-nilai yang tertuang dalam dari tujuan pelaksanaan pendidikan. Seperti kebiasaan mencontek, tawuran antar pelajar, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, kekerasan pada anak, pelecehan seksual terhadap anak dan remaja, pencurian remaj, dan lain sebagainya. Hal tersebut disebabakan selama ini pengetahuan masih sebatas rutinitas pemberian materi (transfer of knowledge). Maka penting kiranya menerapkan pendidikan yang menyeimbangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Konsep ini kemudian secara luas disebut dengan pendidikan karakter. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti atau penanaman nilai-nilai baik yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang. Yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggungjawab, kerjakeras, dan lain sebagainya. Pendidikan karakter tidak terbentuk secara instan, melainkan melalui cara pembiasaan dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat yang terjadi sepanjang hayat dan ketiganya saling berkesinambungan. Tokoh Luqmanul hakim adalah salah satu figur dalam A-Qur’an yang patut kita teladani dalam mendidik putranya. Disamping itu banyak sekali keistimewaan yang dimiliki beliau dalam mendidik putranya sehingga Allah mengabadikannya dalam Al-Qur’an. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan karakter, implementasi pendidikan karakter pada keluarga, sekolah, dan masyarakat, keterpaduan lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sebagai pusat pendidikan karakter, serta analisis nilai pendidikan karakter dalam surat Luqman ayat 12-19. Penulisan ini merupakan analisis Kualitatif Deskriptif menggunakan Metode Maudlu’iy dan kajian pustaka (Library Research). Yaitu dengan menghimpun ayat-ayat Al-Qur’an yang berbicara mengenai pendidikan karakter. Pada surat Luqman ayat 12-19 menceritakan pola mendidik anak dengan metode nasihat. Metode nasihat dalam Al-Qur’an mengandung beberapa faktor pengajaran, antara lain: a). seruan dengan lemah lembut, b). nasihat dalam bentuk cerita atau perumpamaan yang mengandung pelajaran, c). nasihat dalam bentuk wasiat. Analisis nilai pendidikan karakter yang terdapat pada surat Luqman ayat 12-19 sebagai berikut: a) karakter syukur, b) karakter iman, c). karakter berbuat baik pada orangtua, d). karakter berbuat kebajikan, e). karakter ibadah, f). karakter sosial. Adapun cara Luqmanul hakim menerapkan pendidikan karakter pada anaknya dengan cara mauidhahhasanah, yakni berupa nasihat yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jalilah, Nur Indahnurindahjalilah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pendidikan Karakter; Luqman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jalilah Nur Indah
Date Deposited: 24 Feb 2017 02:25
Last Modified: 24 Feb 2017 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15563

Actions (login required)

View Item View Item