PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI TELEPON PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE THINK TALK WRITE SISWA KELAS III MI AL QODIR WAGE TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Silicha Sofiyatul (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI TELEPON PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE THINK TALK WRITE SISWA KELAS III MI AL QODIR WAGE TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, kurangnya variasi dalam metode yang digunakan guru dalam mengajar serta keterampilan siswa dalam berbicara yang dapat dikategorikan kurang. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penggunaan metode Think Talk Write. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara melalui telepon pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan metode Think Talk Write siswa kelas III MI AL Qodir Wage Taman Sidoarjo?. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang tiap siklusnya terdiri dari empat komponen pokok, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Non tes menggunakan penilaian performance, observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 2) Adanya Peningkatan keterampilan berbicara melalui telepon pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan metode Think Talk Write siswa kelas III MI AL Qodir Wage Taman Sidoarjo sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase akhir aktivitas guru siklus I mendapat 78,12% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,93%. Sedangkan, prosentase akhir aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 81,52% menjadi 92,04% pada sikus II. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan nilai hasil belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus prosentase ketuntasan belajar 40,54% dan rata-rata 66,70, kemudian pada siklus I diperoleh prosentase ketuntasan belajar 72,97% dan rata-rata 75,83 dan pada siklus II prosentase ketuntasan belajar dan rata-rata meningkat dengan 91,89% dan rata-rata 83,72% dengan kategori sangat baik dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, Silicha Sofiyatulshi_shilimoetz@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Keterampilan; Metode; Think Talk Write
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulfa Silicha Sofiyatul
Date Deposited: 15 Mar 2017 08:31
Last Modified: 28 Feb 2023 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15589

Actions (login required)

View Item View Item