ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN ZAKAT DALAM MENJAGA LOYALITAS MUZAKKĪ : STUDI KASUS PADA BADAN AMIL ZAKAT KOTA MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musthofa, Mohamad Zainal (2014) ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN ZAKAT DALAM MENJAGA LOYALITAS MUZAKKĪ : STUDI KASUS PADA BADAN AMIL ZAKAT KOTA MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan jumlah Badan Amil Zakat (BAZ) di Indonesia membuktikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian umat karena dari dana-dana yang terhimpun dari lembaga zakat akan bermanfaat untuk pemberdayaan ekonomi kaum dhuafa'. Namun demikian dengan jumlah BAZ yang banyak tersebut akan memicu persaingan tiap BAZ dalam meraih simpati tiap donatur. Sehingga tiap badan zakat dituntut untuk menciptakan kepercayaan dan keloyalan kepada muzakki agar tiap lembaga zakat bisa menjalankan operasional kegiatannya. Skripsi yang ini, “Analisis Strategi Manajemen Zakat Dalam Menjaga Loyalitas Muzakkī ”akan menjawab masalah yang berkaitan dengan strategi BAZ untuk menciptakan kepercayaan dan keloyalan kepada muzakki khususnya pada BAZ Kota Mojokerto.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu mengorganisir semua data malalui observasi, wawancara teknis dokumentasi dengan memilah milahnya menjadi satu kesatuan yang dapat dikelola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, serta memutuskan apa yang dapat dijabarkan mengenai strategi loyalitas muzakki oleh BAZ Kota Mojokerto.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pihak BAZ Kota Mojokerto menggunakan jenis strategi Balance Scorecard sebagai landasan utama pembuatan strateginya. Dan dari strategi yang sudah diterapkan menyebabkan loyalitas muzakki BAZ Kota Mojokerto mengalami peningkatan, terlihat dari indikator jumlah muzakki yang banyak di BAZ Kota Mojokerto serta pertambahan jumlah muzakki tiap tahunnya. Selain itu penghimpunan jumlah dana zakat, infaq dan shadaqah (ZIS), terus meningkat tiap tahunnya. Badan Amil Zakat ini memberikan pelayanan yang baik untuk para muzakki yang dimulai dari transparansi dalam penghimpunan dan pendistribusian untuk meningkatkan keloyalitasan muzakki.
Dari penelitian yang penulis lakukan di BAZ Kota Mojokerto ada beberapa hal yang dapat dipertimbangankan sebagai masukan untuk penelitian yang lebih lanjut : Menyelidiki berbagai faktor yang mempengaruhi loyalitas muzakki BAZ Kota Mojokerto dengan melibatkan banyak responden dari muzakki, memperkuat sisi SDM tenaga kerja BAZ Kota Mojokerto agar BAZ lebih efektif dalam mengelola zakatnya, dan mengadakan sosialisasi yang lebih luas tentang pentingnya zakat di bayarkan pada BAZ Kota Mojokerto

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Imam Buchori
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musthofa, Mohamad ZainalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Zakat
Keywords: Strategi Manajemen Zakat; Loyalitas Muzakki
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2015 02:34
Last Modified: 07 Apr 2015 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1563

Actions (login required)

View Item View Item