Penerapan strategi Lightening the Learning Climate untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas III MI Hasyim Asy'ari Jambangan Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haikal, Moh. Fikri (2017) Penerapan strategi Lightening the Learning Climate untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas III MI Hasyim Asy'ari Jambangan Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa sebagian proses pembelajaran di sekolah masih kurang bervariatif sehingga siswa cenderung pasif, sulit memahami materi pembelajaran dan dampaknya menurunkan motivasi dan hasil belajar siswa. Idealnya proses pembelajaran di sekolah menggunakan pembelajaran yang PAIKEM. Sehingga harapannya siswa mampu aktif, senang, berani berkreasi dan berinovasi atapun mampu memahami materi dengan mudah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi lightening the learning climate dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III MI Hasyim Asy’ari Jambangan Candi Sidoarjo pada mata pelajaran matematika?, (2) Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa kelas III MI Hasyim Asy’ari Jambangan Candi Sidoarjo pada mata pelajaran matematika setelah menerapkan strategi lightening the learning climate dalam pembelajaran?. (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas III MI Hasyim Asy’ari Jambangan Candi Sidoarjo pada mata pelajaran matematika setelah menerapkan strategi lightening the learning climate dalam pembelajaran?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan subyek penelitian kelas III MI Hasyim Asy’ari Jambangan Candi sidoarjo yang berjumlah 38 siswa. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Model penelitian ini telah dilaksanakan dengan baik pada siklus I dan siklus II. Dengan menerapkan strategi lightening the learning climate yang sudah terlaksana dengan baik pada siklus I dan pada siklus II. Sehingga terdapat peningkatan motivasi dan belajar siswa pada materi bangun datar mata pelajaran matematika kelas III MI Hasyim Asy’ari jambangan Candi Sidoarjo. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 78,82 (Cukup) dengan prosentase sebesar 70,6% (Cukup), adapaun nilai rata-rata motivasi belaja sebesar 83 dengan prosentase sebesar 70,59% Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 86,57 (Baik) dengan prosentase sebesar 85,71% (Baik), adapaun nilai rata-rata motivasi belajar sebesar 84,4 (Baik) dengan prosentase sebesar 82,9% (Baik)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haikal, Moh. Fikrifihai717@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Haikal Moh. Fikri
Date Deposited: 02 May 2017 07:39
Last Modified: 02 May 2017 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16276

Actions (login required)

View Item View Item