This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ummah, Rohmatul (2017) Penerapan metode Tari Bambu dalam meningkatkan retensi siswa materi Bangun Ruang kelas 5 MI Al Karimah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya retensi siswa dalam menerima dan mengemukakan kembali materi bangun ruang yang disebabkan oleh kurang kesiapan siswa dalam menerima pelajaran dan kurang fokusnya siswa dalam waktu pembelajaran karena penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang variasi dalam materi bangun ruang yang dipelajari. Kemudian peneliti melakukan pengkajian ulang tentang pembelajaran matematika sehingga ditemukannya metode baru dalam mata pelajaran tersebut untuk meningkatkan retensi siswa materi bangun ruang dengan menggunakan metode Tari Bambu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode tari bambu terhadap materi bangun ruang kelas 5 MI Al Karimah Surabaya? 2) Bagaimana peningkatan retensi siswa terhadap materi bangun ruang kelas 5 MI Al Karimah Surabaya setelah digunakan metode tari bambu?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode tari bambu terhadap materi bangun ruang kelas 5 MI Al Karimah Surabaya dan untuk mengetahui peningkatan retensi siswa terhadap materi bangun ruang kelas 5 MI Al Karimah Surabaya setelah digunakan metode tari bambu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian yang digunakan adalah model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1.) Penerapan metode tersebut sudah diterapkan dengan baik dan berjalan dengan maksimal. Terbukti dengan adanya peningkatan skor pada aktivitas guru siklus I 86,72 (Sangat Baik) menjadi 96,88 (Sangat Baik) pada siklus II. 2.) Pada Aktivitas siswa mengalami kenaikan skor dari 77,78 (Baik) siklus I dan siklus II menjadi 94,44 (Sangat Baik). 3.) Pada siklus I peningkatan retensi siswa mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 74,78 (Sedang) dan prosentase ketuntasan belajar sebesar 67,86 (Cukup). Maka, jumlah siswa yang tuntas KKM pada siklus I sebanyak 19 siswa dari 28 siswa yang hadir. Pada siklus II perolehan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 82,18 (baik) prosentase ketuntasan belajar sebesar 88,89% (Sangat Baik). Maka, jumlah siswa yang tuntas KKM pada siklus II sebanyak 24 siswa dari 27 siswa yang hadir.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Metode Tari Bambu; retensi Siswa; Mata Pelajaran Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Ummah Rohmatul | ||||||
Date Deposited: | 03 May 2017 02:03 | ||||||
Last Modified: | 03 May 2017 02:03 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16391 |
Actions (login required)
View Item |