Peningkatan pemahaman materi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW mata pelajaran SKI menggunakan media Wayang Kertas di kelas V MI Raudlatul Muta’allimin 1 Wonoayu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummatin, Choiro (2017) Peningkatan pemahaman materi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW mata pelajaran SKI menggunakan media Wayang Kertas di kelas V MI Raudlatul Muta’allimin 1 Wonoayu Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa materi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dikarenakan penggunaan metode yang monoton dan tidak pernah menggunakan media pembelajaran. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan media wayang kertas.Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan media wayang kertas materi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW mata pelajaran SKI di kelas V MI Raudlatul Muta’allimin 1 Wonoayu Sidoarjo? Dan bagaimana peningkatan pemahaman materi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW mata pelajaran SKI setelah menggunakan media wayang kertas di kelas V MI Raudlatul Muta’allimin 1 Wonoayu Sidoarjo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media wayang kertas materi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Raudlatul Muta’allimin 1 Wonoayu Sidoarjo dan mengetahui peningkatan pemahaman materi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW mata pelajaran SKI setelah menggunakan media wayang kertas di kelas V MI Raudlatul Muta’allimin 1 Wonoayu Sidoarjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan setiap siklusnya, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan Media wayang kertas pada materi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW mata pelajaran SKI dapat terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi guru pada siklus I adalah 75 meningkat menjadi 85 pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada keaktifan siswa, hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I yakni 75 meningkat menjadi 86,11 pada siklus II. 2) Adanya peningkatan proses pembelajaran juga berdampak pada peningkatan pemahaman siswa pada materi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW mata pelajaran SKI. Hal ini dapat dibuktikan dari meningkatnya nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 72,22 dan siklus II 84,3. Prosentase ketuntasan pada siklus I yakni 63,89% yang artinya cukup meningkat menjadi 86,11% pada siklus II dengan kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummatin, Choirosmartgirl.umma207@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Pendidikan
Sejarah > Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ummatin Choiro
Date Deposited: 02 May 2017 03:54
Last Modified: 02 May 2017 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16394

Actions (login required)

View Item View Item