Peningkatan pemahaman materi aturan dan norma di masyarakat mata pelajaran PKN menggunakan strategi everyone is a teacher here pada siswa kelas III MI Darul Muta’alimin Sepanjang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ratnasari, Dewi (2017) Peningkatan pemahaman materi aturan dan norma di masyarakat mata pelajaran PKN menggunakan strategi everyone is a teacher here pada siswa kelas III MI Darul Muta’alimin Sepanjang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah kurangnya pemahaman siswa kelas III MI Darul Muta’alimin pada materi aturan dan norma di masyarakat mata pelajaran PKn. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan diskusi, sehingga pemahaman siswa kurang karena siswa cenderung pasif, hanya guru yang aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Guru hendaknya menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi aturan dan norma di masyarakat mata pelajaran PKn, salah satunya yaitu menggunakan strategi everyone is a teacher here.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here pada materi aturan dan norma mata pelajaran PKN pada siswa kelas III MI Darul Muta’alimin Sepanjang Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa setelah menerapkan Strategi Everyone Is A Teacher Here pada materi aturan dan norma mata pelajaran PKN pada siswa kelas III MI Darul Muta’alimin Sepanjang Sidoarjo?
Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dan terdapat empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu, (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tertulis.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) penerapan strategi everyone is a teacher here pada siswa kelas III MI Darul Muta’alimin Sepanjang Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik melalui berbagai perbaikan pada tahap refleksi di masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat pada skor akhir aktivitas guru meningkat dari 62,5 (Baik) pada siklus I menjadi 81,25 (Sangat baik) pada siklus II. Begitu pula pada aktivitas siswa meningkat dari 66,67 (Baik) pada siklus I menjadi 83,33 (Sangat baik) pada siklus II. (2) penerapan strategi everyone is a teacher here pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan pemahaman siswa, hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pemahaman siswa pada siklus I sebesar 68,64 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 58,97%, sedangkan rata-rata pada siklus II sebesar 80,10 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 82,05%. Sehingga terjadi peningkatan prosentase ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 23,08%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ratnasari, Dewidewirqtnqsqri10000@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnasari Dewi
Date Deposited: 02 May 2017 03:37
Last Modified: 02 May 2017 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16404

Actions (login required)

View Item View Item