Karakteristik pembelajaran pendidikan agama Islam dalam program pendidikan inklusi di SMA Negeri 10 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardianto, Moch. Rizki (2017) Karakteristik pembelajaran pendidikan agama Islam dalam program pendidikan inklusi di SMA Negeri 10 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (466kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (470kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (604kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (403kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (509kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (301kB)

Abstract

Pendidikan agama Islam adalah suatu aktivitas atau usaha-usaha tindakan dan bimbingan yang dilakukan secara sadar dan sengaja serta terencana yang mengarah pada terbentuknya kepribadian anak didik yang sesuai dengan norma-norma yang ditentukan oleh ajaran agama. Pembelajaran PAI merupakan pembelajaran agama Islam yang terdapat di sekolah umum. Kewajiban pihak sekolah untuk memberi pelajaran agama kepada siswa sesuai dengan keyakinan yang dimiliki. Baik yang dianut anak normal/reguler maupun anak berkebutuhan khusus. ABK berhak mendapatkan layanan pendidikan sebagaimana yang didapatkan oleh anak normal, salah satu solusinya yaitu pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi menempatkan anak berkebutuhan khusus untuk belajar bersama di sekolah regular bersama dengan anak-anak normal lain agar ABK dapat mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana karakteristik pembelajaran pendidikan agama Islam dalam program inklusi di kelas X SMA Negeri 10 Surabaya. Meliputi metode pembelajaran, kurikulum, dan evaluasi pembelajaran. Dalam penelitian ini juga akan mengungkap faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pendidikan agama Islam dalam program inklusi di SMA Negeri 10 Surabaya. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian diskriptif kualitatif. Yaitu dengan menganalisis data yang diperoleh tanpa mempersoalkan hubungan atas variabel. Sedangkan sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, menghasilkan kesimpulan bahwa karakteristik pembelajaran PAI dalam program pendidikan inklusi di SMAN 10 Surabaya, berjalan menyesuaikan keadaan dan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus. Dalam merencanakan pembelajaran dalam program pendidikan inklusi, input siswa tidak dibedakan apakah mereka dalam kondisi normal atau anak yang berkebutuhan khusus, kurikulum yang digunakan untuk anak yang berkebutuhan khusus sama dengan anak normal lainnya, hanya saja dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan anak yang berkebutuhan khusus. Metode yang mereka gunakan adalah metode ceramah, metode tanya jawab, diskusi kelompok, resitasi. Metode tersebut muncul karena implementasi pembelajaran yang digunakan, yakni pembelajaran active learning. Yang menuntut siswa untuk aktif dalam proses belajarnya. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada pendidikan inklusi di SMAN 10 Surabaya, dilakukan melalui dua penilaian yaitu pertama, penilaian kemampuan akademik siswa yang dapat diukur melalui evaluasi ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester sebagaimana anak normal, hanya saja materinya dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan anak yang berkebutuhan khusus. Kedua, penilaian yang bersifat non tes, jadi baik siswa normal maupun siswa yang berkebutuhan khusus disuruh untuk mempraktekkan materi yang telah mereka pelajari. Faktor pendukung pembelajaran ini meliputi minat siswa belajar, kreativitas guru, dukungan dari orang tua siswa berkebutuhan khusus serta prasaran ruang sumber belajar bagi ABK. Sedangkan faktor penghambat dapat berupa kemampuan siswa berkebutuhan khusus untuk belajar dan bergaul dalam lingkungan sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardianto, Moch. Rizkirizkiardianto93@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Pendidikan Inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moch. Rizki Ardianto
Date Deposited: 11 Aug 2017 08:09
Last Modified: 11 Aug 2017 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19291

Actions (login required)

View Item View Item