Muatan gender ceramah KH. Ilhamullah Sumarkan pada program Bengkel Keluarga Sakinah TV9: analisis Charles Sanders Pierce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hajar, Siti (2017) Muatan gender ceramah KH. Ilhamullah Sumarkan pada program Bengkel Keluarga Sakinah TV9: analisis Charles Sanders Pierce. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (508kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (382kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Berbicara tentang gender maka tidak terlepas dengan persoalan jenis kelamin. Maka yang ada hanya dua jenis kelamin, namun yang lain hanya dimiliki oleh gaya hidup dalam kesehariannya. Persoalan gender juga menjadi hal yang melekat dalam kehidupan berkeluarga. Hal yang dibahas dalam kajian gender ini adalah kesetaraan laki-laki dan perempuan dalam kehidupan berkeluaga. Tolak ukur munculnya kesetaraan gender dalam keluarga berawal dari konsep budaya yang berasal dari kehidupan masyarakat tanpa adanya alasan yang mendasar dan rasional dalam memberikan keterangan yang terkait dengan kesetaraan gender dalam kehidupan keluarga yang sakinah. Berdasarkan fenomena di atas, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian guna mencari konsep yang tepat dalam membentuk keluarga yang sakinah. Obyek penilitian ini adalah Muatan Gender ceramah Kiai pada program keluarga sakinah TV9. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pemaknaan mengenai kesetaraan gender dalam ceramah KH. Ilhamullah Sumarkan di Program Bengkel Keluarga Sakinah TV9 2) Mengetahui representasi perempuan dalam ceramah KH. Ilhamullah Sumarkan di Program Bengkel Keluarga Sakinah TV9. Penelitian ini merupakan studi kasuistik menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam mengumpulkan data digunakan metode wawancara, observasi dan analisis teks. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikannya, kemudian melakukan verifikasi guna menarik suatu kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data digunakan teknik triangulasi dan referensi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Konsep pemaknaan kesetaraan gender dalam keluarga sakinah adalah konsep kesetaraan gender yang ideal yang memberikan ketegasan bahwa laki-laki dan perempuan memperoleh kedudukan yang sama dalam meraih kemulian dimata Allah. 2) Konsep kesetaraan gender, mencakup kehidupan sosial yang muamalat dan kegiatan umum pada setiap manusia. Semua pelaksanaan tentang bahwa kesetaraan gender tidak bisa dipahami dengan konsep budaya masyarakat semata namun harus dibimbing dengan konsep Al-Quran yang begitu sempurna menjelaskan bahwa kesejajaran antara laki-laki dalam kehidupan keluarga memperoleh kedudukan yang sama kecuali ketaqwaannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hajar, Sitighozulfikriah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Manajemen
Gender
Keywords: Muatan gender; keluarga sakinah
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: HAJAR SITI
Date Deposited: 14 Aug 2017 04:24
Last Modified: 14 Aug 2017 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/19456

Actions (login required)

View Item View Item