Pendayagunaan zakat produktif terhadap pembuatan bandeng presto pada program bunda yatim di LAZ Dompet Amanah Umat (DAU) Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Amirul (2017) Pendayagunaan zakat produktif terhadap pembuatan bandeng presto pada program bunda yatim di LAZ Dompet Amanah Umat (DAU) Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (429kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (318kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengelolaan zakat produktif di LAZ Dompet Amanah Umat (DAU) Sidoarjo dan bagaimana pendayagunaan zakat produktif terhadap pembuatan bandeng presto pada program bunda yatim di LAZ Dompet Amanah Umat (DAU) Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi lapangan. Dalam menganalisis data melalui teknik pengumpulan data, menyajikan data yang terpilih secara keseluruhan, kemudian menarik kesimpulan dari hasil analisis data yang diperoleh. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pendayagunaan zakat produktif terhadap pembuatan bandeng presto pada program bunda yatim di LAZ Dompet Amanah Umat Sidoarjo bahwa Program bunda yatim adalah salah satu dari beberapa program pemberdayaan yang ada pada LAZ Dompet Amanah Umat. Dari program ini banyak menghasilkan olahan yang telah mendapatkan izin PIRT(pangan industri rumah tangga) salah satunya adalah produk olahan bandeng presto. Agar program ini dapat terwujud dengan baik, LAZ Dompet Amanah Umat memberikan program pemberdayaan dan pendayagunaan zakat produktif dengan fasilitas pendanaan, pelatihan usaha dan pendampingan usaha dakwah. Adapun sistem penyaluran zakat produktif pada program bunda yatim terhadap pembuatan bandeng presto kepada bunda yatim karena masih belum mandiri, program ini termasuk program yang akan atau belum mempunyai usaha yaitu dengan penyaluran zakat produktif dengan mekanisme in kind. Dengan waktu lamanya menjadi mustahiq bunda yatim maka meningkat pula kemampuan keterampilan karena intensitas pelatihan dan pendampingan usaha diikuti oleh mustahiq secara teratur. Program pendayagunaan dan pemberdayaan mustahiq pembuatan bandeng presto pada program bunda yatim di LAZ Dompet Amanah Umat Sidoarjo telah berhasil karena telah meningkatkan pendapatan mustahiq pembuatan bandeng presto pada program bunda yatim. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi lembaga amil zakat agar meningkatkan sosialisasi untuk menarik minat berzakat dan memperluas pemasaran bandeng presto pada program bunda yatim. Bagi masyarakat supaya lebih inisiatif dan tidak terpaku oleh sistem yang diberikan oleh LAZ Dompet Amanah Umat agar dapat lebih berkembang dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, Amirulamirulumam127@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Zakat
Amil Zakat
Keywords: Pendayagunaan Zakat Produktif; Bandeng Presto; Bunda Yatim
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Umam Amirul
Date Deposited: 22 Sep 2017 07:36
Last Modified: 07 Dec 2021 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20297

Actions (login required)

View Item View Item