Tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme suplesi pada pembiayaan murabahah di BRI Cabang Syariah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hendriyanto, Hendriyanto (2009) Tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme suplesi pada pembiayaan murabahah di BRI Cabang Syariah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (765kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (943kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (362kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20583

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul Tinjauan Hukum Islam terhadap Mekanisme Suplesi pada Pembiayaan Murabahah di BRI Cabang Syariah Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan, bagaimana mekanisme suplesi pada pembiayaan murabahah di BRI Cabang Syariah Surabaya dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme suplesi pada pembiayaan murabahah di BRI Cabang Syariah Surabaya. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Reasearch), menggunkan metode penelitian deskriptif analisis. Data penelitian dihimpun dengan teknik wawancara (interview), studi dukumen dan observasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan pola pikir Induktif Verifikatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penambahan fasilitas pembiayaan atas outstanding (baki debet) pembiayaan yang sedang dinikmati oleh debitur atau yang disebut suplesi pada pembiayaan murabahah, merupakan akad kelanjutan dari akad pembiayaan murabahah sebelumnya yang masih berlangsung. Fasilitas suplesi diberikan kepada debitur yang fasilitas pembiayaannya telah berjalan minimal 6 (enam) bulan dengan mekanisme sebagai berikut : Pertama, debitur yang akan mengajukan suplesi harus mengajukan permohonan secara tertulis. Kedua, analisis dan evaluasi terhadap permohonan suplesi tersebut didasarkan pada repayment capacity dan rekomendasi putusan suplesi dilakukan oleh pejabat pemutus pembiayaan. Ketiga, pencairan suplesi dapat dilakukan apabila permohonan suplesi tersebut telah mendapatkan putusan dan debitur telah menandatangani addendum Surat Pengakuan Hutang yang menunjuk kepada SPH sebelumnya. Mekanisme suplesi pada pembiayaan murabahah di BRI Cabang Syariah Surabaya memenuhi ketentuan berdasarkan prinsip-prinsip murabahah. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa akad suplesi sama dengan akad murabahah maka hukumnya mubah yaitu boleh dilakukan selama mekanisme yang digunakan dalam pelaksanaan suplesi tersebut memenuhi rukun dan syarat sesuai dengan prinsip syariah. Penulis juga memberikan saran pada pihak BRI Cabang Syariah Surabaya, agar lebih tegas dan berani dalam menjalankan segala bentuk transaksi berdasarkan prinsip Syariah serta mampu untuk melakukan istinbath hukum atas masalah-masalah baru yang tidak ditunjuk dalam nash (al-Quran dan hadis|).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hendriyanto, Hendriyanto--UNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Mekanisme suplesi; pembiayaan murabahah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2017 03:59
Last Modified: 04 Oct 2018 08:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20583

Actions (login required)

View Item View Item