This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sunyaranggi, Rananta Zwari (2009) Manajemen kurikulum dalam Sekolah Bertaraf Internasional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (310kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (289kB) |
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang mendiskripsikan tentang “Manajemen Kurikulum Dalam Sekolah Bertaraf Internasional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Mojokerto”. Adapun masalah yang diteliti yaitu kurikulum sekolah bertaraf internasional dan manajemen kurikulum sekolah bertaraf internasional. Untuk menguraikan tentang fokus masalah diatas, penelitian ini dirancang dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jenis ini diarahkan untuk menunjukkan fakta atau kejadian secara sistematis dan akurat mengenai kondisi tertentusebagaimana fokus penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, antara lain: (1) observasi, (2) interview, (3) dokumentasi. Ketiganya dilakukan secara terencana untuk mendapatkan data yang lengkap dan relevan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik induksi, yaitu dengan menarik kesimpulan mulai dari pernyataan atau fakta khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum. Laporan penelitian disajikan dalam bentuk uraian deskriptif secara rinci, dilengkapi dengan tabel sebagaimana ruang lingkup pembahasan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kurikulumyang ada di SMP Negeri 1 Mojokerto menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang telah berlaku seiring dengan terbitnya Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam sekolah bertaraf internasional menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar, khusus untuk mata pelajaran bahasa inggris, matematika, ilmu pengetahuan alam, dan TIK selama kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas. (2) Manajemen kurikulum dalam sekolah bertaraf internasional di SMP Negeri 1 Mojokerto meliputi pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum. Pengorganisasian kurikulumnya menggunakan prosedur buku pelajaran, fungsi sosial, analisa kegiatan orang dewasa, dan prosedur minat kebutuhan. Pelaksanaan kurikulumnya dibagi menjadi dua, yaitu tingkat kelas dan tingkat sekolah yang pada akhirnya seluruh fungsi-fungsi manajemen tersebut dievaluasi tiap tahun ajaran berakhir.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum | ||||||
Keywords: | Manajemen kurikulum; Sekolah Bertaraf Internasional | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2017 05:52 | ||||||
Last Modified: | 01 Nov 2018 01:42 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20882 |
Actions (login required)
View Item |