Upaya meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas IV dengan strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) di Madrasah Ibtidaiyah as Syafi'iyah Tanggul Wonoayu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rakhmah, Annisa (2012) Upaya meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas IV dengan strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) di Madrasah Ibtidaiyah as Syafi'iyah Tanggul Wonoayu Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (663kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20926

Abstract

Mata pelajaran SKI di MI. As Syafi'iyah Tanggul Wonoayu Sidoarjo hasil belajarya belum maksimal, sehingga nilai hasil belajarnya masih terbilang rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya variasi strategi, metode, media, bahan, atau sumber pembelajaran yang digunakan oleh guru selama proses pembelajaran. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakannya strategi pembelajaran CTL. Melalui penelitian tidakan kelas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. ermasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (I) Bagaimana hasil belajar SKI kelas IV MI. AS Syafi'iyah dengan strategi pembelajaran CTL; (2) Bagaimana penerapan strategi Pembelajaran CTL pada pelajaran SKI kelas IV MI. As Syafi'iyah Tanggul Wonoayu Sidoarjo; (3) Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar SKI dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL kelas IV MI. As Syafi'iyah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hasil belajar SKI kelas IV MI. As Syafi'iyah dengan strategi pembelajaran CTL; (2) Untuk mengetahui penerapan Strategi Pembelajaran CTL pada pelajaran SKI kelas N MI. As Syafi'iyah Tanggul Wonoayu Sidoarjo; (3) Untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar SK.I dengan menggunakan Strategi Pembelajaran CTL kelas IV MI. As Syafi'iyah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua sildus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket (kuesioner), tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa dengan strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI. As Syafi'iyah Tanggul. Hal ini ditunjukkan dengan diketahui bahwa pada sildus I nilai rata-rata kelas cukup baik dengan angka 78,88 dan prosentase kelulusannya mencapai 72,22%, prosentase ini masih dikatakan cukup dan perlu diadakan review ulang, agar memperoleh data yang maksimal, kita ketahui ketuntasan klasikalnya adalah mencapai 80%. Pada sildus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 88,05 atau dapat dikategorikan baik, begitu juga dengan prosentase hasil belajar mencapai 94,44% dan angka tersebut berkategori sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rakhmah, Annisa--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar SKI; strategi pembelajaran CTL; Contextual Teaching and Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2017 08:40
Last Modified: 01 Nov 2018 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/20926

Actions (login required)

View Item View Item