القيم الاجتماعيةفيقصة "الحب تحتالمطر" لنجيب محفوظ: دراسة تحليليةخارجية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muammar, Muammar (2012) القيم الاجتماعيةفيقصة "الحب تحتالمطر" لنجيب محفوظ: دراسة تحليليةخارجية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (622kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (655kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (49kB)

Abstract

Kisah Di bawah bayang-bayang perang adalah "Para pahlawan lahir di medan perang". Mungkin betul,tapi tidak hanya pahlawan yang lahir dari perang. Kematian, kemiskinan, perkosaan,pengusiran,wabah penyakit,semua adalah anak halal dari sebuah peperangan.Dalam Perang enam hari melawan Israel, Mesir mengalami kekalahan yang memalukan dan Iuka itu bukan hanya Iuka politik,tapi juga Iuka masyarakat. Karena peperangan yang gagal di menangkan, jiwa-jiwa muda yang kuncup cintanya sedang mereka harus menerima nasib terpuruk dalam lembah hitam demi melanjutkan hidup di bawah baying-bayang peperangan. Naguib Mahfud merupakan penulis modern yang produktif dalam menghasi lkan karya-karya sastra, utamanya di bidang sosial. Nilai-nilai sosial yang di maksud ialah berupa patriotisme, politik, nasionalis, dan ideologi yang terkandung dalam novel di bawah baying-bayang perang. Dan untuk mengetahui rincian kisahnya di gunakan pula analisa intrinsik untuk membedah novel yang di fakta sejarah itu. Sehingga fokus permasalahan yang dibahas pada skripsi ini adalah: (i) apakah yang dimaksud dengan analisa intrinsik dalam cerita Di bawah bayang-bayang perang? (ii) dan bagaimana ni lai-nilai sosial yang terkandung dalam cerita Di bawah bayang-bayang perang karya Naguib Mahfoudz?. Adapun metodelogi yang di gunakan menggunakan pisau sosiologi sastra dengan panduan teori kajian intrinsik dan Ekstrinsik khususnya nilai-nilai sosial. Novel Di bawah bayang-bayang perang merupakan sebuah novel yang ditulis berdasarkan fakta sejarah, yang bercerita seputar Suasana Mesir pasca kekalahan melawan Israel yang di kenal sebagai perang lima juni, serta sisa-sisa trauma pendudukan inggris.kehidupan penuh ketidak pastian, Moral dan Etika sudah menjadi mimpi. Seluruh pemuda terkena wajib militer, para pemudi terjerumus ke jurang pergaulan bebas dalam rangka mencari jati diri. Sementara itu, orang-orang tua selalu menggerutukan kesulitan hidup sehari-hari. Namun berarti bisa disebut duplikat dari sejarah, karena, ketika sejarah sebagai bahan leterer sebuah sastra, kemudian diolah dengan capaian estetis yang tinggi dan teknik penceritaan yang cerdas dan mengesan, maka jalan cerita dalam novel pastinya akan memciptakan dunia makna baru. Seperti hal nya dalam perjuangan politik dan ideologi yang penu kekejaman dan kebiadapan, terdapat sebuah nilai-ni lai sosial yang terkand ung dalam perjuangan masyarakat Mesir, seperti: nilai mempertahankan ideologi, semangat jihad, nasionalis dan patriotisme. Demikian abstraksi yang dapat peneliti sampaikan, semoga penjelasan yang sederhana i ni, mampu memberikan gambaran yang representatif dalam memahami dan menelaah isi pembahasan skripsi ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muammar, MuammarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Novel; Naguib Mahfud; Kajian Ekstrinsik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2017 02:44
Last Modified: 16 Nov 2017 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21405

Actions (login required)

View Item View Item