This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Faizah, A'idatul (2017) Implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam: studi kasus di SD Setia Budhi Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (201kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text
Bab 1.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
Bab 2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (261kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (754kB) | Preview |
Abstract
Keberagaman bangsa Indonesia merupakan suatu kekayaan yang tak ternilai harganya dan seharusnya itu menjadi sumber kekuatan bangsa Indonesia dalam memajukan pendidikan dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, namun pada kenyataannya masih sering terjadi konflik yang mengatasnamakan SARA (suku, agama, ras antar golongan). Berbagai macam tindak kekerasan dan kerusuhan ini mengindikasikan bahwa pendidikan di Indonesia harus terus berbenah agar dapat berperan dalam membangun kepribadian bangsa. Oleh karena itu dibutuhkan penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam agar peserta didik dapat menerima, menghargai dan menghormati segala bentuk perbedaan dan diharapkan Pendidikan Agama Islam dapat menjadi jembatan agar tercapai masyarakat yang dapat hidup dengan manusia lainnya yang berbeda kultur dan memiliki kesadaran sosial serta nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi.sehingga pendidikan bukan hanya mencetak pribadi yang unggul di bidang akademik, namun juga pribadi yang bermoral, berkepribadian yang baik dan menghormati hak-hak orang lain. Dari persoalan tesebut terdapat dua rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI di SD Setia Budhi Gresik. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat upaya penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran PAI di SD Setia Budhi Gresik? Pendekatan yang digunakan dalam tesis ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu suatu pendekatan penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa atau fenomena yang terjadi. Sedangkan ditinjau dari tempat atau lokasi penelitiannya, penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa:1) Penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Setia Budhi Gresik sudah berjalan dengan baik, selain itu antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran juga sangat tinggi. Indikasi tingkat pemahaman peserta didik adalah aplikasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran PAI yang mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan multikultural diantaranya adalah: Kepala sekolah, pendidik, keluarga, teman sebaya dan media pembelajaran. Sementara faktor penghambatnya adalah kurikulumnya masih menggunakan kurikulum KTSP, kurangnya perhatian keluarga dan dukungan teman sebaya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Pendidikan multikultural; pembelajaran Pendidikan Agama Islam | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Faizah Aidatul | ||||||
Date Deposited: | 19 Dec 2017 04:15 | ||||||
Last Modified: | 19 Dec 2017 04:15 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/21563 |
Actions (login required)
View Item |