Hubungan kepuasan peserta didik dengan penggunaan sumber belajar di SMK Al-Ikhlash Mulyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ihsanah, Fina Nur (2018) Hubungan kepuasan peserta didik dengan penggunaan sumber belajar di SMK Al-Ikhlash Mulyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fina Nur Ihsanah_D73213048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan peserta didik dan untuk mengetahui penggunaan sumber belajar di SMK Al-Ikhlash Mulyorejo Gresik serta dapat mengetahui hubungan kepuasan peserta didik dengan penggunaan sumber belajar di SMK Al-Ikhlash Mulyorejo Gresik. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Waktu penelitian ini dimulai pada tanggal 12 Agustus 2017, sampai terselesainya laporan penelitian ini yaitu tanggal 31 Oktober 2017. Sampel penelitian adalah siswa di SMK Al-Ikhlash Mulyorejo Gresik yang berjumlah 105 dan populasi yang berjumlah 350 siswa. Untuk sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Teknik dalam analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Product Moment. Dari pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan korelasi statictical package for social science (SPSS) Product Moment for windows versi 22 diketahui jumlah item pertanyaan sebanyak 20 dengan nilai rata-rata (mean) 78,06 dan standart deviasi sebesar 3,616 merujuk pada kategori skor penilaian kepuasan peserta didik di SMK Al-Ikhlash Mulyorejo Gresik tergolong sangat baik. Penggunaan sumber belajar tergolong sangat baik diketahui jumlah item pertanyaan sebanyak 20 dengan nilai rata-rata (mean) 76,29 dan standart deviasi sebesar 3,161. Dari pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan korelasi statictical package for social science (SPSS) Product Moment for windows versi 22 diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kepuasan peserta didik dengan variabel penggunaan sumber belajar. Hasil hitung korelasi Product Moment 0,910 lebih besar dari pada rt, baik pada taraf kesalahan 1% dengan nilai 0,115 maupun 5% dengan nilai 0,195. Adapun pengaruh yang ditimbulkan adalah tergolong tinggi/kuat, hal ini berdasarkan ”rxy” dengan nilai 0,91 yang terletak antara 0,80 – 1,000 yang mana interpretasinya adalah tinggi/kuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ihsanah, Fina Nurfinanurihsanah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: kepuasan peserta didik; penggunaan sumber belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ihsanah Fina Nur
Date Deposited: 06 Feb 2018 03:44
Last Modified: 06 Feb 2018 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22158

Actions (login required)

View Item View Item