KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENENTUKAN AKAD PRODUK TABUNGAN iB HASANAH DI BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmah, Siti Hafidhotul (2015) KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENENTUKAN AKAD PRODUK TABUNGAN iB HASANAH DI BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang melatarbelakangi seorang nasabah memilih akad wadi’ah dan mudarabah pada produk tabungan iB Hasanah dan bagaimana peran customer service dalam mempengaruhi keputusan nasabah menentukan akad pada produk tabungan iB Hasanah di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Mojokerto.
Untuk menjawab permasalahan di atas, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara (interview) dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analitis dengan pola pikir deduktif untuk memperjelas kesimpulannya.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa masih banyak nasabah dan calon nasabah yang belum mengerti dan paham tentang akad yang dipakai pada produk tabungan ib Hasanah. Perbandingan nasabah yang paham dan tidak paham tentang akad wadi’ah dan mudarabah adalah 20:80. Faktor yang melatarbelakangi nasabah memilih akad wadi’ah adalah konsep individu dan lingkungan, strategi pemasaran tidak mempengaruhi keputusan nasabah tersebut, karena nasabah yang memilih akad wadi’ah hanya mencari tabungan yang tidak ada potongan administrasi setiap bulannya. Meskipun customer service telah menjelaskan keuntungan bagi hasil pada akad mudarabah, nasabah tersebut tidak tertarik, karena mereka hanya butuh tabungan untuk menitipkan uang saja dan mencari tabungan yang tidak ada potongannya. Sedangkan faktor yang melatar belakangi nasabah memilih akad mudarabah adalah dari konsep individual, lingkungan dan strategi pemasaran. Karena disamping tabungan iB Hasanah tersebut digunakan untuk menabung dan berbisnis, para nasabah yang memilih akad mudarabah itu juga tertarik dengan keuntungan bagi hasil yang mereka dapat disetiap bulannya, karena mereka yakin bahwa bagi hasil yang mereka dapatkan akan lebih banyak dari biaya administrasi yang mereka keluarkan setiap bulan. Ketika nasabah itu tidak mengerti tentang akad wadi’ah dan mudarabah pada produk tabungan iB Hasanah, maka penting peran customer service bagi nasabah dalam menentukan akad. Karena fungsi customer service adalah sebagai resepsionis, deksman, salesman, dan lain sebagainya. Seorang customer service boleh memilihkan akad yang dipakai di tabungan iB Hasanah seorang nasabah ketika nasabah tersebut memang tidak mengerti tentang akad tersebut dan menyerahkan pilihannya kepada customer service.
Sebagai saran, pemasaran yang dilakukan oleh pihak bank semestinya juga menyampaikan penjelasan tentang akad tersebut secara detail dan menggunakan bahasa yang dapat di pahami oleh orang-orang yang masih awam tentang istilah akad-akad tersebut, tidak hanya syarat bagi calon nasabah saja

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muh. Lathoif Ghozali
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmah, Siti HafidhotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Mudarabah
Wadi'ah
Keywords: Wadi’ah; Mudarabah; Bank Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Sep 2015 08:04
Last Modified: 28 Sep 2015 05:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2248

Actions (login required)

View Item View Item