طبيعة الشخصيات في مسرحية "الطعام لكل فم" لتوفيق الحكيم (دراسة سيكولوجية أدبية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muisatin, Darul (2018) طبيعة الشخصيات في مسرحية "الطعام لكل فم" لتوفيق الحكيم (دراسة سيكولوجية أدبية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Darul Muisatin_A71214058.pdf

Download (3MB)

Abstract

Karya sastra merupakan hasil kreatifitas pengarang yang menggunakan manusia dengan segala macam segi kehidupannya sebagai objek kajiannya. Salah satu unsur terpenting dari karya sastra yang berupa puisi maupun prosa adalah karakter yang dihadirkan si pengarang dalam bentuk tokoh-tokoh yang mempunyai karakter tersendiri. Tokoh-tokoh dalam karya sastra hidup dengan berbagai macam aktivitas tingkah laku dalam berinteraksi dengan alam dan lingkungannya yang berkaitan dengan kejiwaan. salah satu karya sastra yang demikian adalah drama yang berjudul "At-Thoam likulli Fam" karya Taufik Al Hakim yang mengisahkan kejiwaan tokoh-tokoh yang memiliki berbagai kepribadian yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter kepribadian tokoh dalam drama "At-Thoam likulli Fam" karya Taufik Al-Hakim. Adapun fokus permasalahan yang dipaparkan dalam pembahasan ini adalah bagaimana kepribadian tokoh utama dan tokoh tambahan dalam drama "At-Thoam likulli Fam" karya Taufik Al-Hakim?. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra. data yang dihasilkan berupa kata-kata dalam bentuk kutipan-kutipan percakapan dari drama. peneliti menganalisis drama "At-Thoam likulli fam" karya Taufik Al-Hakim dengan teori psikologi menurut Sigmund Freud, struktur kepribadian menurut Sigmund Freud ada tiga, yaitu: id, ego, dan super ego. tokoh utama yaitu Hamdi Abdul Bari banyak menggunakan super ego, samirah banyak menggunakan id, dan tokoh tambahan Atiyat banyak menggunakan id.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muisatin, Daruldmuisati@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sastra
Keywords: Sastra arab; psikologi sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muisatin Darul
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:31
Last Modified: 12 Feb 2018 08:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/22753

Actions (login required)

View Item View Item