This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kumala, Karina Dewi Retno (2015) PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS VIII SMP INKLUSIF GALUH HANDAYANI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar peserta didik berkebutuhan khusus di SMP Inklusif Galuh Handayani, maka peran guru khususnya di sini adalah guru PAI, karena peserta didik berkebutuhan khusus sangat memperlukan peran tersebut untuk lebih dalam mengenal agama Islam baik dalam kehidupan maupun dalam pelajaran PAI.
SMP Inklusif Galuh Handayani merupakan sekolah yang menyediakan pendidikan inklusif, dimana anak berkebutuhan khusus belajar bersama dengan anak normal lainnya. Yang terjadi adalah prestasi belajar peserta didik berkebutuhan khusus tidak sebanding dengan peserta didik normal lainnya, hal ini yang menjadi tujuan agar para peserta didik berkebutuhan khusus yang beragama Islam mampu dalam pelajaran PAI dan pengetahuan mereka tentang pelajaran PAI dapat imbang dengan peserta didik normal pada umumnya.
Adapun yang menjadi fokus dari studi ini adalah mencari sedetail-detailnya tentang peran guru agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik berkebutuhan khusus dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana peran guru agama Islam terhadap peserta didik berkebutuhan khusus di kelas VIII SMP Inklusif Galuh Handayani?; (2) Bagaimana prestasi belajar peserta didik berkebutuhan khusus di kelas VIII SMP Inklusif Galuh Handayani?; (3) Bagaimana peran guru Agama Islam dalam meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik berkebutuhan khusus di kelas VIII SMP Inklusif Galuh Handayani?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif, penelitian ini termasuk dalam metode deskriptif dengan pendekatan survey. Dengan tujuan membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, factual dan akurat tentang fakta-fakta, sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Metode deskriptif dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang keadaan nyata sekarang (sementara berlangsung) dengan tujuan untuk menggambarkan keadaan yang berjalan saat penelitian dilakukan. Setelah dilakukan analisis, diperoleh simpulan bahwa peran guru agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik berkebutuhan khusus sangat diperlukan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.
Dalam pembahasan skripsi ini, tentu masih belum sempurna. Maka dari itu, diharapkan kepada para peneliti yang akan datang untuk mengadakan penelitian sejenis dengan skripsi ini dengan pembahasan yang lebih fokus dan sempurna
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ilun Muallifah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru Pendidikan > Prestasi Belajar |
||||||
Keywords: | Peran Guru; Prestasi Belajar; Pendidikan Inklusif | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2015 02:12 | ||||||
Last Modified: | 29 Sep 2015 02:12 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2307 |
Actions (login required)
View Item |