الكتاب المدرسي "اللغة العربية وآدابها" لفرحان ونورليلة للصف الثاني عشر بمدرسة العالية (دراسة وصفية تحليلية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umami, Silfiya Riza (2018) الكتاب المدرسي "اللغة العربية وآدابها" لفرحان ونورليلة للصف الثاني عشر بمدرسة العالية (دراسة وصفية تحليلية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Silfiya Riza Umami_D02213018.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas serta gambaran umum isibuku Ajar sebagai bahan ajar bahasa Arab ditinjau dari segi materi dan penyajian.Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan analisis isi (Content Analysis) atau analisis deskripsi (Description Analysis) dalam menganalisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar Bahasa dan Sastra Arabini telah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik menurut teori Masnur Muslich dari segi kelayakan materi yaitu telah sesuai dengan landasan keilmuan yang meliputi: kesesuaian uraian materi dengan KI dan KD, keakuratan materi, dan materi pendukung pembelajaran. Dan dari segi penyajian yang meliputi: teknik penyajian, penyajian pembelajaran, dan kelengkapan materi
Bahan ajar tersebut telah memenuhi kriteria standar mutu bahan ajar yang baik dari aspek penilaian kelayakan isi, karena dalam uraian materinya disampaikan secara lengkap, luas dan dalam sesuai dengan KI dan KD yang dirumuskan. Konsep, prinsip, prosedur, contoh, ilustrasi dan soal disajikan secara akurat, dan dilengkapi dengan pendukung materi, diantaranya kesesuaiannya dengan perkembangan ilmu dan teknologi saat ini, keterkinian fitur ataurujukan, penalaran, keterkaitan antar konsep, komunikasi,penerapan, kemenarikan materi, mendorong untuk mencari informasi lebih jauh dan pemecahan masalah. Bahan ajar ini juga baik dari aspek penilaian kelayakan penyajian yang berupa sistematika penyajian, keruntutan penyajian, keseimbangan antar-bab, begitu pula dengan penyajian pembelajaran yang berpusat pada siswa, mengembangkan keterampilan proses juga memperhatikan aspek keselamatan kerja. Bahan ajar ini juga dinilai cukup layak dalam hal kelengkapan penyajian pada bagian pendahulu, isi, dan penutup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umami, Silfiya Rizasilfiyarizaumami@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Buku > Buku dan Baca
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Buku Ajar; Pengajaran; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Umami Silfiya Riza
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:45
Last Modified: 15 Feb 2018 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23255

Actions (login required)

View Item View Item