Perilaku konsumtif remaja di Rungkut Lor Surabaya pasca berdirinya Transmart

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Avriliana, Mariana (2018) Perilaku konsumtif remaja di Rungkut Lor Surabaya pasca berdirinya Transmart. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mariana Avriliana_I93214049.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yakni mengenai: Pertama, respon remaja terhadap keberadaan Transmart, kedua, gaya hidup konsumtif remaja di Rungkut Lor Surabaya. Dari dua rumusan masalah tersebut juga akan membahas sejak kapan mereka berperilaku konsumtif, dan apa faktor yang melatarbelakanginya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada perilaku konsumtif remaja di Rungkut Lor Surabaya ini adalah teori Manusia Satu Dimensi Herbert Marcuse. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; (1) Respon remaja setelah keberadaan Transmart ini, menurut mereka sangat menguntungan dengan beberapa alasan, seperti letak geografis, akomodasi dan harga yang murah. Selain itu ada pula yang mengeluh mengenai kemacetan yang ditimbulkan . (2) Gaya hidup konsumtif remaja di Rungkut Lor Surabaya ini ditandai dengan bertambahnya frekuensi remaja berkunjung ke Transmart, membelanjakan uang mereka bukan berdasarkan dengan apa yang menjadi kebutuhan merekan atau sesuia dengan kebutuhan mereka. Mengenai gaya hidup konsumtif ini ditemukan 3 indikasi, yakni hedonis, individualis dan penuhan kebutuhan-kebutuhan palsu. Remaja semakin hedonis dengan adanya Transamart, remaja juga semakin individulis dengan mementingkan kepentinga mereka masing-masing dan remaja berusaha memenihi kebutuhan-kebutuhan palsu atau suatu hal yang sebenarnya tidak mereka butuhkan dan hanya untuk kesenangan semata karena menyeragamkan dengan orang-orang disekitar mereka. Melainkan sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan untuk memenuhi kepuasan saja. Hal ini biasanya terjadi agar mereka seragam dengan teman-teman sebaya dan lingkungan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Avriliana, Marianamarianaavriliana20@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Konsumen
Keywords: Perilaku konsumtif; remaja; Transmart
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Avriliana Mariana
Date Deposited: 19 Feb 2018 01:35
Last Modified: 19 Feb 2018 01:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/23412

Actions (login required)

View Item View Item