KORELASI KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDN TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Rohmani Prihana (2015) KORELASI KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDN TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Keteladanan guru pendidikan agama Islam adalah suatu sikap atau perbuatan yang baik dari pendidikan agama Islam yang patut ditiru atau di contoh. Sedangkan pembentukan karakter adalah proses mengukir atau memahat jiwa sedemikian rupa sehingga berbentuk unik, menarik, dan berbeda atau dapat di bedakan dengan orang lain. Dan Pelaksanaan pendidikan karakter di kembangkan melalui tahap pengetahuann (knowing), pelaksanaan (acting), dan kebiasaan (habit).
Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Efektifitas Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SDN Taman Sidoarjo dengan beberapa rumusan masalah yaitu : (1)Bagaimana keteladanan Guru pendidikan agama islam di SDN Taman Sidoarjo? (2)Bagaimana karakter siswa di Sekolah SDN Taman Sidoarjo ? (3) Adakah Korelasi Keteladanan Guru pendidikan agama islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SDN Taman Sidoarjo?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan metode dokumenstasi, observasi, wawancara (interview) dan Kuesioner (Angket). Adapun bentuk analisis yang di gunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama dan yang kedua adalah menggunakan rumus prosentase sedang pada rumusan masalah yang ketiga adalah dengan analisis menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari penelitian tersebut diperoleh jawaban dari rumusan masalah pertama bahwa keteladan guru pendidikan agama Islam di SDN Taman Sidoarjo telah menunjukkan hasil yang baik, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata prosentase keteladanan guru pendidikan agama Islam yang peneliti temukan yaitu 75,63% yang termasuk dalam kategori cukup. Untuk jawaban rumusan masalah kedua menunjukkan bahwa pembentukan karakter di SDN Taman Sidoarjo menunjukkan hasil yang baik, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata prosentase siswa pembentukan karakter yaitu 64,62% yang termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan rumusan maslah ketiga menunjukkan bahwa keteladanan guru pendidikan agama Islam dengan pembentukan karakter siswa terdapat pengaruh positif yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan nilai 0,819 , maka apabila nilai tersebut dikonsultasikan dengan tabel interpretasi berada antara 0,80 - 1,00 yang tergolong dalam kategori sangat kuat atau tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa apabila keteladanan guru di SDN Taman lebih di tingkatkan maka akan dapat meningkatkan pembentukan karakter siswa di SDN Taman Sidoarjo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Saiful Jazil
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Rohmani PrihanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan Islam
Keywords: Keteladanan Guru; Pembentukan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2015 03:16
Last Modified: 19 Oct 2015 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2349

Actions (login required)

View Item View Item