استخدام الأحجية فى تعليم المفردات العربية بمدرسة نور الجديد الدينية بربيك وارو سيدوارجا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikri, Huriyatul (2009) استخدام الأحجية فى تعليم المفردات العربية بمدرسة نور الجديد الدينية بربيك وارو سيدوارجا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Huriyatul Fikri_D02205065.pdf

Download (859kB) | Preview

Abstract

Telah kita ketahui bahwa puzzle adalah salah satu induk permainan sejagad yang menekankan unsur kreativitas, setiap budaya memiliki puzzle yang berbeda dan terns berkembang. Puzzle yang pada umumnya digunakan pada anak-anak untuk mengenal huruf abjad dan apa yang ada disekitar mereka dengan bahasa Inggris, dalam hal ini akan peneliti ganti dengan bahasa arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media puzzle jika diterapkan dalam belajar bahasa arab di Madrasah Diniyah Nurul Jadid Berbek Waru Sidoarjo? Dan apa kesulitan-kesulitan yang dihadapi serta bagaimana cara memecahkannya? Peneliti memilih media puzzle dalam mengenalkan bahasa arab pada para pemula yaitu para murid kelas satu sekolah dasar karena ingin memudahkan mereka belajar dan memahami bahasa arab dengan suasana yang menyenangkan. Adapun basil dari penelitian ini dikatakan bahwa penggunaan puzzle dalam belajar bahasa arab di Madrasah Siniyah Nurul Jadid Berbek, merupakan sebuah media baru. Dan diharapkan bagi para guru untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan mereka, agar kemampuan para para muridnya juga ikut berkembang. Adapun kesulitan yang dihadapi peneliti adalah terbatasnya waktu yang tersedia dan minimnya fasilitas yang dimiliki Madin ini membuat para murid menjadi malas belajar. Dan usaha yang dilak.ukan adalah dengan memotifasi para murid dan mendorong mereka untuk belajar, baik pelajaran umum, agama, dan khususnya bahasa arab. Hal ini dimaksudkan agar mereka menjadi orang yang ahli dalam ilmu agama dan juga berguna bagi agama dan Negara sesuai dengan misi Nwul Jadid, yakni menghasilkan pribadi muslim yang mampu hidup di zamannya dengan berbekal iman dan taqwa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikri, HuriyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Belajar
Pendidikan > Media
Keywords: Media puzzle; belajar; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2018 07:26
Last Modified: 13 Apr 2018 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24156

Actions (login required)

View Item View Item