PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL MA’ARIF 5 DRIYOREJO GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidah, Nur (2015) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA YAYASAN PENDIDIKAN DAN SOSIAL MA’ARIF 5 DRIYOREJO GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Di SMP YPM 5 Driyorejo, banyak siswa yang kemandirian belajarnya rendah meskipun sudah dilaksanakan bimbingan belajar. Berpijak dari latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian dengan judul Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif 5 Driyorejo Gresik.
Adapun masalah yang diteliti 1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan belajar di SMP YPM 5 Driyorejo Gresik; 2) Bagaimana kemandirian belajar siswa Kelas VII SMP YPM 5 Driyorejo Gresik; 3) Adakah pengaruh bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa Kelas VII SMP YPM 5 Driyorejo Gresik, jika ada sejauh mana pengaruh tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan belajar dan kemandirian belajar siswa.
Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel acak atau disebut juga dengan random sampling. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sebesar 25% sehingga sampel dalam penelitian ini sebesar 36 dari populasi sebanyak 143 siswa.
Berkenaan dengan itu, dalam penelitian ini digunakan metode angket untuk memperoleh data tentang pengaruh bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa Kelas VII SMP YPM 5 Driyorejo Gresik, metode observasi dan interview untuk memperoleh data tentang pelaksanaan bimbingan belajar dan keamandirian belajar siswa, serta metode dokumentasi untuk menggali data tentang gambaran umum obyek penelitian.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa bimbingan belajar dapat dikategorikan baik dengan prosentase 77,6%. Sedangkan kemandirian belajar siswa dapat dikategorikan cukup baik dengan prosentase 68,9%.
Selanjutnya, data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis stastik korelasi product moment, diperoleh harga koefisien korelasi 0,358 signifikansi 5% = 0,329 dan 1% = 0,424 dari hasil terbukti ada pengaruh lemah atau rendah dari bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII SMP YPM 5 Driyorejo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Imam Bawani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Bimbingan Belajar; Kemandirian Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:57
Last Modified: 27 Oct 2015 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2448

Actions (login required)

View Item View Item