Level kognitif soal materi Aljabar pada buku pelajaran Matematika SMP/ MTs Kelas VII

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmi, Khanifatul (2018) Level kognitif soal materi Aljabar pada buku pelajaran Matematika SMP/ MTs Kelas VII. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Khanifatul Ilmi_D34211042.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Level kognitif soal adalah tingkatan soal yang merupakan tingkatan sistem yang menyediakan beragam pemikiran strategis yang dibutuhkan seseorang untuk memanipulasi dan menggunakan pengetahuan berdasarkan tingkat Taksonomi Bloom mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level kognitif soal soal yang ada pada buku pelajaran matematika SMP/MTs kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Sumber data penelitian ini adalah soal – soal pada Buku Sekolah Elektronik matematika SMP/MTs kelas VII revisi 2017 oleh Abdur Rahman As’ari Dkk, dalam soal yang dianalisis terdapat 15 soal pada materi Himpunan, terdapat 10 soal pada materi Operasi Aljabar,dan terdapat 15 soal pada materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier satu Variabel. Metode pengumpulan data ini adalah dengan metode dokumentasi. instrumen penelitian ini meliputi lembar klasifikasi dan lembar wawancara. Metode analisis data dengan kategorisasi dan hasil dari wawancara. Hasil analisis diperoleh bahwa level kognitif soal pada buku pelajaran matematika SMP/MTs kelas VII pada kategori level kognitif C1 (mengingat) sebanyak 2 (5%) butir soal, C2 (memahami) sebanyak 6 (15%) soal, C3 (menerapkan) sebanyak 21 (52,5%) soal, C4 (menganalisis) sebanyak 11(27,5%) soal, dan pada level C5(mengevaluasi) dan C6 (mengkreasi) tidak ada soal sama sekali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmi, Khanifatulilmikhanifatul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Matematika
Pendidikan
Keywords: Level kognitif; buku ajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ilmi Khanifatul
Date Deposited: 11 May 2018 01:43
Last Modified: 11 May 2018 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24917

Actions (login required)

View Item View Item